Basarnas Yogyakarta pastikan kesiapan perlatan hadapi libur akhir tahun

id Basarnas

Kepala Basarnas Yogyakarta mengecek kesiapan peralatan dalam rangka siaga Natal dan Tahun Baru di Kantor tersebut (Foto Antara/Hery Sidik)

     Bantul (Antaranews Jogja) - Badan Pencarian dan Penyelamatan Nasional Yogyakarta melakukan Gelar Pasukan dan Alat utama guna memastikan kesiapan personel dan peralatan SAR menghadapi libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. 
     "Pertama memang kesiapsiagaan kita, untuk peralatan otomatis yang kita miliki jangan sampai pada saat kita melaksanakan siaga khusus ada kendala," kata Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Yogyakarta L Wahyu Effendi saat Gelar Pasukan dan Peralatan di Basarnas Yogyakarta, Rabu.
      "Jadi saya harapkan semua peralatan yang kita miliki selama melaksanakan siaga Nataru (Natal dan Tahun Baru) peralatan dalam keadan 'ready' (siap) semua," katanya.
     Dia mengatakan, sedangkan untuk personel Basarnas, diharapkan semua personel dalam melaksanakan siaga Nataru selalu menjaga kesehatan, agar selalu siap dibutuhkan masyarakat selama libur panjang akhir tahun.
     "Karena siaga Nataru itu selama 14 hari ke depan waktu yang cukup lama, sementara jumlah personel dari kita terbatas sehingga frekuensi untuk teman melaksanakan siaga secara khusus sangat banyak dilain siaga rutin," katanya. 
      Dia mengatakan, yang menjadi perhatian selama siaga Nararu di wilayah DIY adalah tempat-tempat destibasi wisata, mengingat pada minggu-minggu ini para mahasiswa dan pelajar sudah libur dan berkunjung ke tempat wisata. 
     "Kunjungan pariwisata akan fokus pada pantai, saya harap teman-teman yang bertugas di pantai baik di wilayah Kulon Progo, Bantul dan Gunung Kidul untuk melihat kondisi mana yang sekiranya sering terjadi kecelakaan laut," katanya. 
     "Saya berharap teman-temab fokus disana antisipasi terjadinya kecelakaan laut, cepat berikan respon. Tujuan dari siaga ini yaitu beri pelayanan ke masyarakat dengan cepat dan handal," katanya. 
     Setelah melaksanakan Gelar Pasukan dan Peralatan utama Basarnas, Kepala Basarnas melihat dan mengecek kondisi peralatan utama seperti truk rescue dan kendaraan segala medan yang dimiliki Basarnas.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar