Wisatawan asal Lampung pengunjung ke-1 juta Taman Pintar Yogyakarta

id Taman Pintar, pengunjung, satu juta

Taman Pintar Yogyakarta memberikan apresiasi berupa bingkisan menarik kepada pengunjung ke-satu juta pada 2018 (Foto Antara/Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Kusnadi, wisatawan asal Lampung tidak pernah menyangka akan memperoleh hadiah berupa “microwave” saat berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta karena dinyatakan sebagai pengunjung ke-1 juta.

“Ini kunjungan kami yang pertama ke Taman Pintar dan cukup berkesan karena beberapa wahana di dalamnya cukup menarik, terutama bagi anak-anak,” kata Kusnadi di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, anak-anak yang berkunjung ke Taman Pintar akan memperoleh banyak ilmu pengetahuan yang bisa dipahami secara mudah karena dijelaskan dengan cara yang menyenangkan. 

“Anak-anak masih bisa bermain tetapi juga memperoleh tambahan pengetahuan. Mereka bisa belajar secara tidak langsung,” katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi yang menyerahkan secara langsung bingkisan untuk pengunjung ke satu juta Taman Pintar mengatakan, bahwa wahana edukasi dan rekreasi yang terletak di pusat Kota Yogyakarta tersebut masih diminati wisatawan untuk menghabiskan masa libur akhir tahun mereka.

“Kami akan terus berusaha mengembangkan Taman Pintar dengan membangun Taman Pintar kedua. Harapannya, akan ada semakin banyak ilmu pengetahuan yang bisa disampaikan ke masyarakat dengan cara yang menarik,” kata Heroe.

Selama libur akhir tahun, rata-rata jumlah wisatawan yang berkunjung ke Taman Pintar mencapai sekitar 10.000 orang per hari. 

“Karena keterbatasan lahan di lokasi Taman Pintar, maka pengembangan akan difokuskan di Yogyakarta bagian selatan dengan lahan yang lebih luas. Harapannya, keberadaan Taman Pintar kedua juga bisa menghidupkan suasana di Yogyakarta bagian selatan,” katanya.

Luas lahan yang akan digunakan sebagai lokasi pembangunan Taman Pintar kedua mencapai 3,29 hektare dengan alokasi anggaran Rp80 miliar yanga akan dibangun mulai tahun depan dengan konsep “aquatic science park”.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono mengatakan, jumlah pengunjung ke Taman Pintar selalu mencapai sekitar satu juta per tahun sejak 2009. 

 “Kami selalu memberikan apresiasi kepada pengunjung ke-1 juta. Harapannya, Taman Pintar tetap disukai sebagai tujuan wisata di Yogyakarta,” katanya.

 Saat ini, terdapat 54 zona di Taman Pintar. Tiga di antaranya baru saja dilakukan pembaruan yaitu Zona Fisika, Zona Teknologi Popoler dan Zona Planetarium. Pembaruan ditujukan agar wahana tersebut menyajikan ilmu pengetahuan paling baru dan tetap diminati oleh pengunjung.

(E013)

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar