KPU Sleman targetkan partisipasi pemilih lebihi angka nasional

id Konser musik kpu

KPU Kabupaten Sleman menggelar konser musik di Lapangan Pemda Sleman sebagai sarana sosialisasi Pemilu 2019. (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 mampu melebihi target nasional.

"Kami targetkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 dapat melebihi angka nasional sekitar 77,5 persen," kata Ketua KPU Kabupaten Sleman Trapsi Haryadi saat ditemui di Konser Musik sosialisasi Pemilu KPU Sleman di Lapangan Pemda Sleman, Minggu.

Menurut dia, pihaknya menyasar para pemilih pemula dan pemilih muda untuk mendongkrak partisipasi pemilu, salah satunya melalui sosialisasi dengan menggelar konser musik bertemakan "Pemilih Berdaulat Negara Kuat" di Lapangan Pemda Sleman, Minggu.

"Sosialisasi ini kami lakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019 pada 17 April nanti," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya sengaja memilih kegiatan konser musik sebagai sarana sosialisasi pemilu karena untuk menarik pemilih pemula dan pemilih muda.

"Masing-masing segmen masyarakat mempunyai interest yang berbeda beda, karena sosialisasi lebih ditujukan untuk menggaet pemilih pemula dan pemilih muda, maka kami memilih gelar konser musik," katanya.

Trapsi mengatakan, konsep konser musik seperti ini juga merupakan program dari KPU RI dengan setiap daerah  diwajibkan untuk menghadirkan penampil lokal.

"Sosialisasi pemilu disampaikan dengan dua sesi oleh pemateri dan selanjutnya diisi dengan bintang tamu. Jadi yang kami hadirkan mengisi acara bukan artis nasional, kami memilih kelompok musik lokal yang mengusung dangdut asli DIY, Om Wawes," katanya.

Trapsi mengatakan, melalui sosialisasi ini diharapkan pemilih pemula dapat lebih mengetahui tentang pemilu dan tahap-tahapan dalam pemilu.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar