Wabup mengharapkan momen Lebaran berdampak peningkatan pariwisata Bantul

id Wabup Bantul

Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Wakil Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdul Halim Muslih mengharapkan momen Idul Fitri 1440 Hijriah tidak hanya sekadar perayaan, namun juga berdampak pada peningkatan sektor pariwisata di kabupaten ini.

"Harapan kita semua bahwa momentum Lebaran ini tidak sekadar silaturahmi  kepada sanak saudara, tetapi juga bisa menciptakan multiefek berupa bangkitnya pariwisata di Bantul," kata Wakil Bupati di Bantul, Senin.

Menurut dia, hal itu dikarenakan para pemudik yang datang ke Bantul atau merayakan Lebaran di Bantul itu bisa memanfaatkan waktu luangnya di sela silaturahmi dengan sanak famili menuju ke objek wisata Bantul.

Apalagi di wilayah Bantul terdapat beberapa destinasi wisata yang menjadi tujuan favorit wisawatan baik Pantai Parangtritis dan sepanjang pantai sebelah barat dan kawasan wisata perbukitan Mangunan Dlingo seperti Puncak Becici, Hutan Pinus.

Dia juga mengatakan,  warga Bantul yang menjadi perantau atau bekerja di luar daerah biasanya mempunyai komunitas, sehingga setelah merayakan Lebaran dan berkunjung ke objek wisata di Bantul memiliki cerita baru tentang pariwisata.

"Para perantau Bantul yang ada di luar daerah punya paguyuban atau persatuan persatuan yang terus berkomunikasi termasuk dengan pemerintah, sehingga mereka sangat membantu mempromosikan pariwisata di Bantul," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan, kawasan wisata pantai selatan terutama Pantai Parangtritis dan wisata pegunungan di Mangunan Dlingo masih potensial dikunjungi para pemudik yang liburan di Yogyakarta.

"Kalau melihat tren dari tahun ke tahun itu kawasan pantai dan pegunungan di Dlingo selalu menjadi destinasi dengan kunjungan terbanyak, sehingga dua objek wisata itu masih menjadi tujuan wisata utama," katanya.

Menurut dia, bahkan dua objek wisata yang menawarkan pesona pantai selatan dan pemandangan alam dari bukit di kawasan wisata Bantul masih menjadi kunjungan wisata terbanyak di tingkat provinsi DIY.

"Sehingga kalau kita berbicara tren cukup menggembirakan dalam dua tahun terakhir ini, tujuan utama bagi pemudik dua objek wisata tersebut, kemudian yang ketiga baru objek wisata lainnya di luar Bantul," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar