Hujan lebat di China selatan menewaskan 16 orang

id banjir di China, hujan lebat di China, korban banjir China

Hujan lebat di China selatan menewaskan 16 orang

Seorang petugas penyelamat berdiri di atas restoran apung yang terbalik di salah satu bagian dari Sungai Jialing yang meluap, barat daya Chongqing, China, Banjir ini juga sudah menewaskan 16 orang warga,

Beijing (ANTARA) - Hujan lebat di beberapa daerah di wilayah China selatan menewaskan 16 orang warga, sedangkan 12 orang lainnya hingga Selasa malam belum ditemukan.

Sembilan orang tewas di enam kota dan 32 kecamatan di Daerah Otonomi Guangxi tewas, sedangkan 360.000 warga lainnya terkena dampak hujan deras yang mengakibatkan banjir, demikian media resmi setempat.

Dinas Kegawatdaruratan provinsi yang berbatasan langsung dengan Vietnam itu mencatat sedikitnya 1.300 unit rumah hancur diterjang banjir bandang sehingga menyebabkan 17.000 jiwa penghuninya dievakuasi ke tempat aman.

Biro Meteorologi Daerah Otonomi Guangxi mengeluarkan tanda kewaspadaan berwarna kuning padaa Selasa pukul 10.30 waktu setempat (09.30 WIB) terkait kemungkinan hujan lebat hingga 24 jam ke depan.

Sementara itu, tujuh korban tewas lainnya terjadi di Provinsi Guangdong. Satu orang lagi dinyatakan hilang pada pukul 10.00 waktu setempat setelah hujan lebat di provinsi tetangga Guangxi itu menyebabkan kerusakan jalan dan rumah warga.

Tiga kecamatan di Kota Heyuan mengalami dampak terparah saat hujan lebat disertai petir mengguyur selama hampir sepekan.

Lebih dari 110.000 jiwa warga terkena dampak atas kerusakan 956 unit rumah dalam bencana tersebut. 
Baca juga: Lima bocah tewas dalam kebakaran sebuah rumah
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024