Kunjungan wisatawan ke Bantul selama libur Lebaran melebihi ekspektasi

id Dispar Bantul,retribbusi wisata pantai

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan realisasi kunjungan wisatawan ke destinasi wisata daerah ini selama libur Idul Fitri 1440 Hijriah atau Lebaran 2019 melebihi ekspektasi karena jumlahnya lebih dari perkiraan yang diasumsikan.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo di Bantul, Rabu, mengatakan, asumsi kunjungan per hari selama libur Lebaran 2019 sekitar 20 ribu sampai 30 ribu pengunjung, sehingga total selama lima hari sejak Rabu (5/6) sampai Minggu (9/6) maksimal sebanyak 150 ribu orang.

"Namun ternyata jumlahnya ada yang sempat mencapai 39 ribu orang sehari, sehingga total keseluruhan se-Bantul sebanyak 180 ribu pengunjung selama lima hari, artinya itu (kunjungan) di luar ekspektasi kita, karena asumsi kita selama lima hari 150 ribu pengunjung," katanya.

Meurut dia, jumlah kunjungan wisatawan tersebut yang terdata di objek wisata beretribusi atau wisata yang dikelola pemerintah daerah (pemda) seperti sepanjang pantai selatan, dan belum objek wisata non-retribusi seperti desa wisata dan kawasan wisata Mangunan.

Dari jumlah kunjungan wisatawan tersebut, kata dia, kawasan Pantai Parangtritis menjadi objek wisata dengan kunjungan terbanyak, sebab di kawasan pantai itu terdapat Pantai Depok, Pantai Parangkusumo dan kawasan Gumuk Pasir yang ngehits bagi anak muda.

"Dan itu artinya bahwa untuk kunjungan wisata ke Bantul khususnya selama empat hari sejak H plus Lebaran atau dari Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu itu cukup optimal," katanya.

Dia mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan ke Bantul selama libur Lebaran diperkirakan terus bertambah, mengingat musim liburan untuk anak sekolah masih terus berlangsung hingga beberapa pekan ke depan. Pihaknya menargetkan 260 ribu wisatawan hingga sepekan ke depan.

"Kenapa kita prediksi kunjungan wisatawan 260 ribu orang, itu karena arus wisatawan pada Lebaran tahun ini yang bersamaan dengan libur sekolah itu dimungkinkan nanti wisatawan yang ke Yogyakarta termasuk Bantul akan lebih banyak," katanya.

Baca juga: Pendapatam retribusi sektor wisata di Gunung Kidul turun Rp600 juta
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar