BCA mengadakan pelatihan inovasi untuk meningkatkan layanan desa wisata

id bca, desa wisata

BCA mengadakan pelatihan inovasi untuk meningkatkan layanan desa wisata

Suasana pelatihan gabungan Desa Wisata Binaan BCA di Yogyakarta (foto istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengadakan pelatihan gabungan Desa Wisata Binaan BCA yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya dalam rangka menumbuhkan inovasi demi meningkatkan standar pelayanan kepada wisatawan di desa-desa wisata tersebut.

Pelatihan dengan tema "Membangun Desa Wisata di Indonesia dengan Kualitas SDM 4.0" ini juga menjadi sarana untuk mengevaluasi berbagai kemajuan dan tantangan yang terjadi pada desa-desa wisata tersebut dan menjamin bahwa desa-desa wisata itu terus berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

Acara Rapat Koordinasi dan Pelatihan Gabungan Desa Wisata Binaan BCA tersebut dibuka oleh Executive Vice President BCA Inge Setiawati didampingi Vice President CSR BCA Ira Bachtar, dan Pimpinan KCU Yogyakarta Anggardini Swadari, di Yogyakarta, Senin.

Inge mengatakan komitmen BCA untuk terus mendampingi desa-desa wisata Binaan BCA diwujudkan salah satunya melalui kegiatan pelatihan yang ditujukan kepada segenap penanggung jawab yang terlibat dalam pengembangan desa-desa wisata Binaan BCA. Pelatihan tersebut diberikan untuk mendorong perubahan ke arah yang lebih baik, terutama terkait standar pelayanan prima kepada segenap pengunjung. 

"Sekarang eranya kompetisi terbuka bersamaan dengan bertumbuhnya destinasi-destinasi baru di segala penjuru Indonesia. Kami ingin agar pengetahuan, wawasan, keterampilan operator desa-desa wisata tersebut terus ter-'update' dengan perkembangan dan kebutuhan saat ini, sehingga mereka bisa meningkatkan standar pelayanan di desa-desa wisata tersebut demi bersaing dengan destinasi-destinasi lain," kata Inge.

Peserta yang terdiri dari para pengurus desa dilatih dalam berpikir kreatif dan inovatif sehingga dapat menciptakan terobosan baru di desa masing-masing. Kegiatan ini diharapkan dapat turut membangkitkan kembali komitmen untuk memajukan kelompok sadar wisata dan potensi alam setempat.

Pada kesempatan kali ini, peserta berkesempatan belajar langsung dari Kepala Desa Candirejo Tatak mengenai cara mengelola desa wisata. Peserta juga diajak studi banding dengan mengunjungi salah satu desa wisata di Yogyakarta, yaitu Desa Kaki Langit.

Rangkaian acara ditutup dengan  berkeliling Malioboro. Di tempat ini, para peserta kembali mendapat pengetahuan dalam membangun area wisata yang digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca juga: BCA gelar workshop standarisasi layanan desa wisata binaan

Seperti diketahui, BCA memiliki beberapa desa binaan, antara lain Wirawisata Goa Pindul, Desa Wisata Pentingsari, Wisata Wayang Wukirsari, Kampung Batik Gemah Sumilir Pekalongan, Desa Wisata Pucak Tinggan Bali, Doesoen Kopi Sirap-Gunung Kelir Semarang, Desa Wisata Tamansari Banyuwangi, Bukit Peramun Belitung, Wisata Aik Rusa Berehun Belitung, Gunong Lumut Belitung, Nagari Silokek, dan Kampung Adat Sijunjung.

BCA juga membina komunitas Petani Jahe Emprit di Pemalang dan Jepara. Sebagaimana komitmen BCA yang memberikan layanan prima kepada nasabah, Desa Binaan BCA didorong dan didampingi untuk memberikan layanan prima kepada pengunjung.

Menurut Inge, sasaran dari program Desa Binaan BCA adalah mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat yang berkesinambungan di perdesaan dengan menciptakan keadaan supaya masyarakat mampu bertumbuh dan mencapai kemajuan secara mandiri.

"Hal ini dilakukan melalui program kemitraan dengan komunitas dalam rangka pemberdayaan komunitas lokal di daerah untuk membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat dengan memanfaatkan sumber daya lokal," kata Inge.

Baca juga: BCA tingkatkan kualitas pengurus desa wisata
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024