Disdikpora Gunung Kidul pastikan kualitas guru-guru SMP setara

id Zonasi,ppdb,jatah anak guru

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunung Kidul Bahron Rosyid. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memastikan kualitas guru tingkat sekolah menengah pertama dan sederajat di wilayah ini, baik di perkotaan dan pelosok desa sudah sama atau setara.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunung Kidul Bahron Rosyid di Gunung Kidul, Senin (1/7), mengatakan berdasarkan evaluasi pelaksanaan zonasi selama empat tahun terakhir, kualitas guru dan fasilitas sekolah dirasa telah setara.

"Di mana pun sekolahnya, kami akan berikan layanan yang sama, siswa yang pintar akan tetap pintar sedangkan siswa yang biasa saja akan kami didik menjadi pintar," kata Bahron.

Untuk itu, ia berharap kepada orang tua dan wali murid mempercayakan pendidikan anaknya kepada sekolah. Orang tua dan masyarakat agar sekarang tidak terpaku pada sekolah favorit.

Dirinya menambahkan saat ini kualitas guru sama, terlebih lagi saat ini tidak hanya guru yang bersekolah di pusat kota saja yang berprestasi tetapi saat ini guru-guru yang mengajar di pinggiran Gunung Kidul beberapa sudah ada yang berprestasi.

Beberapa guru ada yang dikirim ke China, Jepang, Belanda, tidak hanya yang berada di pusat kota saja yang berprestasi. Jadi guru-guru di pinggiran juga sudah mampu bersaing dengan yang lain.

"Dalam waktu 4 tahun setelah diberlakukan zonasi, maka sebaran nilai baru bisa terlihat. Insya Allah setelah zonasi ini semua sekolah di Kabupaten Gunung Kidul favorit semua," katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Wonosari Mulyadi mengatakan sekolah akan mendisiplinkan siswa diharapkan dapat memacu siswa dalam belajar, dengan demikian prestasi dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan.

"Kami akan melakukan kiat khusus yaitu akan lebih mendisiplinkan siswa, sehingga siswa akan berprestasi," katanya.

Baca juga: Gunung Kidul hapus kuota anak guru di luar zonasi PPDB
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar