Sleman sosialisasikan Festival Gapura Cinta Negeri hingga ke tingkat dusun

id Gapura cinta negeri,Kabupaten Sleman,festival gapura

Ketua Panitia Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 Kabupaten Sleman Arif Haryono. (Foto ANTARA/ Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mensosialisasikan Festival Gapura Cinta Negeri yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri, Sekretariat Negara dan Badan Ekonomi Kreatif dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 74 hingga ke tingkat dusun.

"Festival tersebut sudah kami sosialisasikan di tingkat kabupaten, kecamatan, desa bahkan hingga ke dusun yang ada di Sleman sejak beberapa waktu lalu," kata Ketua Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 Kabupaten Sleman Arif Haryono di Sleman, Sabtu.

Menurut dia, dengan sosialisasi kegiatan festival hingga tingkat dusun tersebut diharapkan banyak masyarakat di tingkat RW dan dusun tertarik dan mengikuti festival.

"Kami belum dapat data ada berapa RW atau dusun yang ikut mendaftar dalam festival gapura, namun tentu harapan kami banyak yang berpartisipasi," katanya.

Ia mengatakan, dalam sosialisasi tersebut pihaknya juga menyampaikan dengan jelas tata cara mengikuti festival.

"Peringatan HUT Kemerdekaan RI adalah pesta semua rakyat Indonesia, dan sejak dahulu masyarakat selalu bersemangat dalam memeriahkannya, baik itu dari menghias kampung, menggelar berbagai lomba hingga pesta rakyat," katanya.

Festival dengan tema "Cinta Negeri' ini diselenggarakan mulai 8 Juli 2019 hingga 16 Agustus 2019.

Peserta yang dapat mengikuti festival adalah perwakilan kelompok masyarakat di tingkat/lingkungan RW.

Peserta yang akan mengikuti festival ini dapat mendaftar melalui website www.gapuracintanegeri.com dan masing-masing peserta wajib mengirimkan 10 foto yang terdiri dari empat foto kemeriahan proses pembuatan gapura dan enam foto hasil karya gapura.

Kriteria umum penilaian Festival Gapura Cinta Negeri ini antara lain semangat gotong royong dan kebersamaan ,relevansi dengan tema, nilai seni, estetika, kreatifitas visual, kreatifitas penggunaan bahan, dan orisinalitas ide.

Dalam festival ini akan terpilih 10 pemenang gapura dengan total hadiah Rp1 miliar dan Piala Presiden. Setiap pemenang gapura akan diundang ke Jakarta untuk menerima penghargaan dan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo.*
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar