Sultan melantik Arofa Noor Indriani sebagai Penjabat Sekda DIY

id penjabat sekda diy,pemda diy,sultan

Sultan melantik Arofa Noor Indriani sebagai Penjabat Sekda DIY

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik Arofa Noor Indriani sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah DIY di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Jumat. (FOTO ANTARA/Luqman Hakim).

Yogyakarta (ANTARA) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik Asisten Sekretariat Daerah DIY Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat Arofa Noor Indriani sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah DIY di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Jumat.

Pelantikan Arofa berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 821/155/SJ tertanggal 30 September 2019, setelah Sekda DIY sebelumnya Gatot Saptadi pensiun.

"Meski bersifat sementara seorang penjabat memiliki wewenang seperti Sekda yang definitif," kata Sultan HB X seusai melantik Arofa.

Menurut Sultan, peran seorang penjabat Sekda sangat sentral karena berkewajiban memimpin sekretariat daerah serta membantu gubernur dalam menyusun kebijakan sekaligus membina hubungan kerja dengan aparatur di jenjang bawah.

Oleh sebab itu, kata Sultan, keputusan untuk memilih dan mengangkat Pj Sekda telah melalui penelitian rekam jejak berdasarkan banyak faktor. Selain memiliki pangkat pembina utama muda golongan IV C satu tahun sebelum batas usia pensiun, juga harus memiliki prestasi kerja bernilai baik dalam dua tahun terakhir.

Untuk menjalankan tugasnya, Sultan berharap Pj Sekda memiliki komitmen dan kemauan untuk belajar karena lingkungan birokrasi berubah dengan cepat.

"Jika tidak mau belajar niscaya ia akan tertinggal oleh perkembangan internal yang semakin maju dan tuntutan eksternal yang kian kompleks," kata Raja Keraton Ngayogyakarta ini.

Sementara itu, Arofa mengatakan sebagai penjabat sekda dirinya siap membantu Sultan HB X dalam meningkatkan kinerja seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemda DIY.

Untuk menjalankan tugasnya, ia akan segera berkoordinasi dengan segenap apartur Pemda DIY.

"Ngarsa Dalem (Sultan HB X) menginginkan ada peningkatan, apakah peningkatan kualitas atau kuantitas akan kami cermati lebih jauh," kata dia.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar