Produksi cengkih Kulon Progo meningkat

id Cengkih,Kulon Progo

Produksi cengkih Kulon Progo meningkat

Kasi Produksi Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Cahyadi Jono. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Dinas Pertanian dan Pangan secara berkala memberikan bantuan pupuk organik kepada petani....
Kulon Progo (ANTARA) - Realisasi produksi cengkih di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencapai 698,73 ton bunga kering dari Januari sampai awal Oktober yang dihasikan di Kecamatan Girimulyo dan Samigaluh.

Kasi Produksi Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Cahyadi Jono di Kulon Progo, Rabu, mengatakan produksi cengkih tahun ini sangat bagus, dibandingkan pada 2018 yang hanya mencapai 657,12 ton bunga kering.

"Tingginya produksi cengkih tahun ini juga dipengaruhi oleh produktivitas yang mencapai 362,61 kilogram bunga kering per hektare. Pada 2018, produktivitas cengkih hanya 341,36 kilogram bunga kering per hektare," kata Cahyadi Jono.

Ia mengatakan harga cengkih di tingkat petani juga stabil dengan kisaran harga Rp25 ribu hingga Rp33 ribu per kilogram cengkih basah, atau Rp75 ribu per kilogram cengkih kering.

"Kami selalu menekankan kepada petani supaya melakukan tunda jual bila harga cengkih murah. Sehingga, harga cengkih di tingkat petani setiap tahunnya stabil," katanya.

Baca juga: BPBD: Jumlah warga terdampak kekeringan di Kulon Progo meningkat

Cahyadi mengatakan cengkih merupakan produk unggulan perkebunan di Kulon Progo. Saat ini, luas lahan tanaman cengkih 3.100,30 hektare. Sentra tanaman cengkih sendiri berada di Kecamatan Samigaluh dan Girimulyo.

"Produksi cengkih ini menjadi tambahan penghasilan petani di wilayah ini. Tanaman cengkih ditanam di kebun mereka, dan panen tiap tahun sekali, yakni pada musim kemarau," katanya.

Ia mengatakan Dinas Pertanian dan Pangan secara berkala memberikan bantuan pupuk organik kepada petani, dengan harapan produksi cengkih selalu meningkat. Sejauh ini, produksi cengkih selalu tinggi setiap tahunnya.

"Kami juga minta petani cengkih melakukan peremajaan tanaman cengkih supaya ada regenerasi tanaman cengkih," katanya.

Sementara itu, salah satu petani cengkih di Kecamatan Girimulyo Winarno mengatakan tahun ini, produksi cengkih sangat bagus karena masuk siklus empat tahunan. Siklus empat tahunan ini, tanaman cengkih akan produksi maksimal, ditambah cuaca yang sangat bagus, sehingga produksi cengkih bisa maksimal.

"Saat ini produksi cengkih sangat bagus. Tanaman cengkih dengan ketinggian lima meter bisa menghasilkan 7 kilogram cengkih kering," katanya.
Baca juga: Kulon Progo miliki pekerjaan rumah mengentaskan kemiskinan