Bupati : ekonomi kreatif akan menjadi pilar perekonomian Bantul

id Bupati Bantul

Bupati : ekonomi kreatif akan menjadi pilar perekonomian Bantul

Bupati Bantul Suharsono melihat produk kerajinan usai meresmikan pameran Gelar Produk Induatri Kreatif Dekranasda Bantul di Malioboro Mall Yogyakarta. (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul Suharsono menyatakan bahwa sektor ekonomi kreatif yang tumbuh dan dikembangkan para pelaku industri kreatif di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta nantinya akan menjadi pilar perekonomian bagi daerah ini.

"Saya sangat yakin bahwa ekonomi kreatif nantinya akan menjadi pilar perekonomian Kabupaten Bantul di masa yang akan datang," kata Bupati saat membuka pameran Gelar Produk Industri Kreatif Dekranasda Bantul di Malioboro Mall Kota Yogyakarta, Jumat.

Menurut Bupati, Kabupaten Bantul perlu melakukan lompatan dari perekonomian yang sebelumnya masih mengandalkan sumber daya alam (SDA) dan mengandalkan sektor pertanian, menjadi perekonomian yang digerakkan oleh industri kreatif.

Oleh karena itu, kata Bupati, atas nama Pemkab Bantul menyambut baik dan apresiasi kepada Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bantul dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pameran produk industri kreatif yang diikuti sebanyak 51 perajin dari 17 kecamatan se-Bantul.

"Ini adalah ajang yang strategis yang akan semakin mendorong dinamika industri kreatif di Bantul serta menjadi pemantapan jati diri Bantul sebagai tempat berkembangnya industri kreatif," kata Bupati Bantul.

Selain itu, kata Bupati, pameran ini tentunya merupakan wujud konsistensi Pemkab Bantul melalui Dekranasda untuk mewadahi kreativitas para pelaku industri kreatif di Bantul, dan memfasilitasi dalam promosi produk kerajinan kepada masyarakat yang lebih luas.

Bupati mengharapkan, semoga pameran ini akan dapat meningkatkan daya saing pelaku ekonomi kreatif di Bantul, sehingga bisa kompetitif dengan produk pelaku ekonomi kreatif kota besar yang telah mapan secara sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur.

"Saya pesan kepada para perajin, pengusaha jangan pernah menunggu untuk memasarkan produk kreatif yang dimiliki, lakukan jemput bola kepada pembeli, jangan menunggu pembeli datang menemukan kita. Gunakan kemajuan teknolohi dan media online untuk memperluas pemasaran," katanya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Bantul Erna Kusmawati mengatakan, Gelar Produk Industri Kreatif Dekranasda Bantul selama dua hari ini ke depan di salah satu pusat perbelanjaan Kota Yogyakarta ini mengambil tema 'Gelar Produk Industri Kreatif Bekerja Dengan Hati Menciptakan Produk Inovasi Berdaya Saing Tinggi'.

"Pameran ini merupakan salah satu wujud upaya Dekranasda Bantul dalam menjembatani kepentingan perajin dari hulu sampai hilir khususnya dalam hal fasilitasi sarana untuk mempromosikan dan menjual barang kerajinan produksinya," katanya.
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar