Hiu ditemukan terdampar di Batu Kodok Bangka Selatan

id hiu paus,ikan dilindungi,nelayan bangka

Hiu ditemukan terdampar di Batu Kodok Bangka Selatan

Nelayan Bangka Selatan menyelamatkan ikan hiu terdampar, Rabu (30/10/2019) (ANTARA/Ahmadi)

Toboali, Babel (ANTARA) - Nelayan Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menemukan seekor hiu paus terdampar di Perairan Batu Kodok.

Kapolsek Toboali, IPTU Yandri C Akip di Toboali, Rabu, membenarkan bahwa ada warga yang menemukan hiu paus tertangkap di sekitar perairan pantai Batu Kodok Kecamatan Toboali.

"Hiu jenis ini dilindungi dan untuk menjaga kelestariannya warga menarik ikan tersebut ke tengah laut dengan menggunakan kapal untuk dilepaskan," katanya.

Lurah Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Fandi mengatakan hiu paus itu ditemukan warga, Rabu (30/10) ketika hendak melaut pada saat subuh.

"Benar, hiu terdampar di pantai Batu Kodok. Informasi yang kami terima ikan tersebut terkena jaring nelayan sekitar subuh tadi dan dibawa ke pinggir laut," katanya.

Untuk menjaga kelestarian Hiu pemakan plankton itu kemudian dibawa ke laut untuk diselamatkan, karena kondisi ikan tersebut sudah dalam keadaan lemah, sehingga nelayan harus bergerak cepat untuk melepasliarkannya, ujarnya.

"Ikan ini termasuk spesies yang dilindungi, untuk menjaga kelestariannya warga membawa ikan tersebut ke laut untuk dilepasliarkan," katanya.