Sleman raih penghargaan Kabupaten Sehat

id Kabupaten sehat,Kabupaten Sleman,Bupati Sleman,Sleman

Sleman  raih penghargaan Kabupaten Sehat

Bupati Sleman Sri Purnomo menerima penghargaan Swasti Saba Wistara sebagai Kabupaten Sehat. Foto Antara/ HO/ Humas Sleman.

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali meraih penghargaan Swasti Saba Wistara yang merupakan penghargaan tertinggi dalam penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat (KKS).

Pemberian penghargaan tersebut dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang dilaksanakan di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa.

Bupati Sleman Sri Purnomo melalui Kabag Humas Setda Kabupaten Sleman Shavitri Nurmala Dewi usai menerima penghargaan tersebut menyampaikan bahwa Tahun 2019 merupakan keenam kalinya Kabupaten Sleman ikut serta dalam penyelenggaraan KKS.

Pada 2009, Kabupaten Sleman berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Padapa dalam penyelenggaraan KKS dengan klasifikasi pemantapan dengan tatanan yang terpilih, yaitu ketahanan pangan dan gizi serta kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri.

"Kemudian pada 2011 Kabupaten Sleman memperoleh Swasti Saba Wiwerda, dengan klasifikasi pembinaan untuk empat tatanan terpilih, yaitu ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri, kawasan permukiman sarana prasarana sehat dan kawasan pariwisata sehat," katanya.

Selanjutnya pada 2013 Kabupaten Sleman kembali memperoleh Swasti Saba Wiwerda dengan lima tatanan yang terpilih yaitu kawasan permukiman sarana prasarana sehat, ketahanan pangan dan gizi, kawasan pariwisata sehat, kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri serta kehidupan sosial yang sehat.

Sedangkan pada 2015 sampai dengan tahun ini (2019), Kabupaten Sleman berhasil mempertahankan penghargaan tertinggi dalam penyelenggaraan KKS, yaitu penghargaan Swas Saba Wistara dengan tujuh tatanan yang dipilih yaitu pemukiman sarana dan prasarana sehat, sarana lalu lintas tertib transportasi, pariwisata sehat, industri dan perkantoran sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri serta, kehidupan sosial yang sehat.

"Hari ini Kabupaten Sleman kembali meraih penghargaan Swasti Saba Wistara untuk ketiga kalinya dan bisa dipertahankan oleh Kabupaten Sleman," katanya.

Menurut dia, dengan diraihnya penghargaan Swasti Saba Wistara untuk ketiga kalinya oleh Kabupaten Sleman diharapkan dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan kesadaran terkait kesehatan lingkungan.

Selain itu, Sri Purnomo juga menyebut bahwa penghargaan yang diraih Kabupaten Sleman ini juga tidak terlepas dari kerja keras banyak pihak, baik pemerintah, swasta dan juga masyarakat yang bekerja bersama dalam mewujudkan Kabupaten Sehat.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024