Pemkab Sleman menutup sementara beberapa destinasi wisata

id Destinasi wisata tutup,Dinas pariwisata sleman,Kaliurang,Kaliadem,Tebing Breksi

Pemkab Sleman menutup sementara beberapa destinasi wisata

Pintu masuk objek wisata Kaliurang Kabupaten Sleman. Foto Antara/ HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata menutup beberapa destinasi wisata untuk sementara waktu karena akan dilakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan di lokasi objek wisata.

"Beberapa objek wisata yang dikelola Pemkab Sleman yang ditutup sementara meliputi Kaliurang, Kaliadem, dan juga Klangon di kawasan wisata lereng Merapi," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih di Sleman, Kamis.

Menurut dia, hal ini dianggap perlu mengingat pada destinasi tersebut juga akan disiapkan fasilitas tempat cuci tangan yang memadahi untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan untuk menjaga higenitasnya.

"Selain itu juga mematuhi maklumat Kapolri Nomer Mak/2/III/2020," katanya.

Ia mengatakan, jangka waktu penutupnya masih menyesuaikan dengan proses pembersihan dan juga pembuatan fasilitas cuci tangan beserta sistem jaringan air bersih yang tentunya juga harus memadahi.

"Peningkatan fasilitas tersebut untuk minggu ini akan difokuskan pada objek wisata yang dikelola Pemkab yaitu Gardu Pandang Boyong dan Tlogo Putri di Kaliurang terlebih dahulu," katanya.

Sudarningsih mengatakan, dimaksudkan agar nantinya pengunjung maupun pelaku pariwisata di Kaliurang lebih merasa aman dalam berwisata di tiga lokasi destinasi tersebut.

"Semisal sudah selesai prosesnya dan dibuka kembali tentu akan kami informasikan kepada masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, selain itu Dinas Pariwisata Sleman juga akan mengarahkan kepada pengusaha penginapan, villa, dan pemondokan untuk membuat kesepakatan bersama dalam prosedur sebelum menerima tamu.

"Misalnya dilakukan sterilisasi kamar dan ruang dengan disinfektan dan juga menyediakan sabun dan tempat cuci tangan yang memadahi atau hand sanitizer. Sehingga pada saat kawasan wisata dibuka kembali akan memberikan rasa aman kepada wisatawan," katanya.

Imbauan untuk penutupan sementara juga diberikan untuk objek wisata Taman Tebing Breksi di Prambanan dan juga Lava Bantal di Berbah guna pembenahan dan penambahan fasilitas cuci tangan bagi pengunjung.
 
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024