FPDIP DPRD Kulon Progo mengharapkan sinergitas masyarakat-Babinsa-Bhabinkamtibmas

id Bintara Pembina Desa,Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat,COVID-19,FPDIP,DPRD Kulon Progo,Kulon Progo

FPDIP DPRD Kulon Progo mengharapkan sinergitas masyarakat-Babinsa-Bhabinkamtibmas

Ketua Fraksi PDIP DPRD Kulon Progo Istana ajak masyarakat bersinergi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas menciptakan situasi kondusif saat pandemi COVID-19. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Istana mengharapkan seluruh elemen masyarakat bersinergi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam menciptakan situasi kondusif pada masa pandemi COVID-19.

Istana di Kulon Progo, Kamis, mengatakan Babinsa dan Bhabinkamtibmas menjadi garda terdepan dalam menangani berbagai persoalan sosial kemasyarakatan dengan tugas pokok melakukan pembinaan masyarakat, deteksi dini, dan mediasi/negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di tingkat kelurahan, membina ketertiban dan keamanan warga, serta menciptakan suasana tenteram di hati masyarakat.

"Babinsa dan Bhabinkamtibmas itu kerjanya luar biasa, bisa 24 jam harus selalu dalam kondisi siaga, berada di tengah masyarakat," kata Istana saat melakukan buka bersama dengan seluruh Babinsa dan Babinkantibmas se-Kapanewon Girimulyo.

Istana menambahkan bahwa dalam kondisi normal saja tugas Babinsa dan Bhabinkamtibmas sudah cukup banyak, apalagi pada saat terjadi wabah COVID-19 ini tentu tugasnya bertambah berat.

Menurut dia, saat ini perlu adanya sinergitas dan kekompakan semua unsur terutama dalam mengawal program pembangunan di wilayah Menoreh.

"Sinergi itu dimulai dengan komunikasi yang baik, dan semua sepakat ke depan harus lebih aktif, intensif, dan saling membantu ketugasan masing masing," kata politikus PDI Perjuangan dari Daerah Pemilihan III (Girimulyo, Samigaluh, dan Kalibawang).

Anggota Bhabinkamtibmas Giripurwo Brigadir Sunarto mengatakan bahwa tugas Bhabinkamtibmas menuntut kesabaran dan keikhlasan, sehingga tugas akan menjadi ringan.

"Tugas panggilan di tengah masyarakat selalu membawa hikmah dan menjadikan kami belajar banyak hal," kata BSunarto.

Babinsa Purwosari Serma Sarana mengatakan anggota Babinsa mempunyai ketugasan mengumpulkan data geografi, demografi, dan kondisi sosial di wilayah kerjanya sehingga setiap unsur pemerintah perlu untuk bersinergi dan mendukung agar tugas di wilayah menjadi ringan.

"Silaturahim dengan wakil rakyat seperti ini baru pertama kali, dan hal ini penting dalam rangka menjalin komunikasi yang baik dan saling membantu secara profesional, saling menjaga tanpa kontaminasi kepentingan politik apapun," kata Sarana.
Ketua Fraksi PDIP DPRD Kulon Progo Istana ajak masyarakat bersinergi dengan babinsa dan babhinkantibmas ciptakan situasi kondusif saat pandemi COVID-19. (Foto ANTARA/Sutarmi)
Bhabinkantibmas Pendoworejo Brigadir Misidi menyampaikan harapannya agar sinergitas dan silaturahim seperti antara Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersama wakil rakyat di wilayah setempat harus ditindaklanjuti secara riil di lapangan agar bermanfaat bagi masyarakat.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar