Kampung Cerdas Sanggrahan Yogyakarta sediakan Wi-Fi gratis di area publik

id kampung cerdas sanggrahan,wifi publik,akses internet

Kampung Cerdas Sanggrahan Yogyakarta sediakan Wi-Fi gratis di area publik

Area publik di Kampung Sanggrahan Yogyakarta yang sudah dilengkapi Wi-Fi publik yang bisa diakses gratis oleh warga. Kampung Sanggrahan mendeklarasikan diri sebagai Kampung Cerdas di Yogyakarta, Kamis (23/7/2020). (ANTARA/Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Kampung Sanggrahan di Kelurahan Semaki Yogyakarta, yang mendeklarasikan diri sebagai Kampung Cerdas pada Kamis, menyediakan fasilitas Wi-Fi yang bisa digunakan warga untuk mengakses internet secara gratis di area publik.

"Akses Wi-Fi publik ini bisa dinikmati di tempat-tempat publik seperti masjid atau pos ronda. Nantinya masyarakat bisa memanfaatkan akses internet gratis untuk berbagai kebutuhan," kata Ketua Kampung Cerdas Sanggrahan Supadi di sela acara deklarasi di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, pada masa pandemi COVID-19 kebutuhan warga untuk mengakses internet meningkat, termasuk di antaranya untuk kegiatan pembelajaran via daring.

Selain itu, ia melanjutkan, pelaku usaha mikro kecil dan menengah di kampung membutuhkan akses internet untuk memasarkan produk via daring.

“Tujuan dari penyediaan akses internet gratis ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena produktivitas mereka di masa pandemi ini bisa tetap terjaga,” kata Supadi.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Semaki Didik Setiyadi mengatakan, Wi-Fi untuk publik sudah tersedia di seluruh lingkungan rukun warga (RW) di Kelurahan Semaki. Ada 10 RW di Kelurahan Semaki.

“Yang kami harapkan dari Kampung Cerdas ini adalah budaya smart living dari masyarakat,” katanya, berharap program penyediaan fasilitas untuk mengakses internet secara gratis bagi warga bisa berkelanjutan.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta Tri Hastono mengatakan, Wi-Fi publik yang tersedia di Kampung Sanggrahan bisa diakses 24 jam dengan kecepatan 20 megabit per detik.

"Akses internet untuk warga pun sudah disaring sehingga diharapkan bebas dari konten-konten yang negatif," katanya, menambahkan program serupa akan diterapkan di Kelurahan Bausasran.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi berpesan kepada warga Kampung Cerdas Sanggrahan agar menggunakan fasilitas mengakses internet dengan baik supaya mendapatkan manfaat yang maksimal.

“Konsep Kampung Cerdas adalah untuk menyiapkan masyarakat siap masuk ke dunia yang selalu bergerak dan berubah. Setiap individu dituntut bisa mengikuti perubahan tersebut,” katanya.

Dengan internet, masyarakat bisa melakukan banyak hal dengan mudah termasuk di bidang pendidikan, hingga peningkatan produktivitas ekonomi,” ia menambahkan.
 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024