TNI AL Yogyakarta gelar bakti sosial kesehatan cegah COVID-19 di pesisir

id Baksos Kesehatan TNI,TNI AL cegah COVID-19

TNI AL Yogyakarta gelar bakti sosial kesehatan cegah COVID-19 di pesisir

Bakti Sosial Kesehatan TNI AL di Pas AL Samas Kabupaten Bantul, DIY (Foto dokumentasi TNI AL)

Bantul (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut Yogyakarta menggelar bakti sosial kesehatan untuk pencegahan penularan virus corona jenis baru atau COVID-19 di wilayah pesisir pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Bakti sosial kesehatan TNI AL secara terpadu dan terencana sesuai progam kerja Dinas Potensi Maritim TNI Angkatan Laut ini dengan maksud dan tujuan guna pencegahan penyebaran wabah COVID-19," kata Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro di Yogyakarta, Selasa.

Bakti Sosial Kesehatan Lanal Yogyakarta di bawah jajaran Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V, Koarmada II Surabaya, itu dilaksanakan secara serentak di wilayah pesisir tiga kabupaten di DIY, yaitu Bantul, Gunung Kidul dan Kulon Progo selama dua hari pada 28 dan 29 Juli 2020, dengan kegiatan dipusatkan di Pos AL Pantai Samas, Kabupaten Bantul.

Kegiatan bakti sosial kesehatan TNI AL berupa penyuluhan kesehatan bertema "Bagaimana Cara Menghadapi New Normal" oleh Dinas Kesehatan Lanal Yogyakarta didukung staf puskesmas, serta penyerahan bantuan alat, sarana kesehatan pencegahan COVID-19 dan paket sembako kepada masyarakat pesisir.

"Salah satu tugas pokok dari TNI AL adalah pembinaan, pemberdayaan, pertahanan pesisir pantai, dan di selatan Yogyakarta ini ada garis pantai kurang lebih 113 KM, dan melalui potensi maritim melaksanakan bakti sosial kesehatan, karena kita ketahui bersama bencana non-alam COVID-19 ini masih berlangsung," katanya.

Danlanal Yogyakarta selaku penanggung jawab kegiatan juga menyebut bahwa kasus positif terinfeksi corona terus bertambah dan mengalami peningkatan jumlah setiap hari, meski sudah diterapkan kebijakan normal baru atau yang kini disebut dengan istilah adaptasi kebiasaan baru.

"Sehingga kita dari TNI AL melaksanakan bakti sosial yang meliputi penyuluhan kepada masyarakat bagaimana menghadapi new normal agar penyebaran wabah COVID-19 tidak meningkat, kemudian membantu masyarakat di pesisir pantai berupa sembako dan alat-alat kesehatan," katanya.

Selain pencegahan COVID-19, bakti sosial juga dalam upaya membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan kemanunggalan TNI dan TNI Angkatan Laut bersama rakyat dalam hal kepentingan pertahanan negara Indonesia.

"Dan nanti secara berjenjang akan melakukan penyuluan di tiap-tiap kabupaten, agar masyarakat tetap waspada dengan wabah pandemi COVID-19, karena meski dengan penerapan new normal kok bukannya menurun, tapi meningkat," katanya.