Legislator-warga Lendah Kulon Progo gotong royong pasang listrik KK kurang mampu

id listrik,PLN ,Fraksi Golkar,DPRD Kulon Progo,Kulon Progo

Legislator-warga Lendah Kulon Progo gotong royong pasang listrik KK kurang mampu

Masyarakat bersama anggota DPRD Kulon Progo Agus Supriyanta musyawarah bersama pemasangan listrik KK kurang mampu. (Foto ANTARA/HO-Agus Supriyanta)

Kulon Progo (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Agus Supriyanta bersama masyarakat bergotong royong memasangkan jaringan listrik bagi 11 kepala keluarga kurang mampu di Dusun Bangeran, Desa Bumirejo, Kecamatan Lendah.

Agus Supriyanta di Kulon Progo, Jumat, mengatakan tokoh masyarakat di Bumirejo telah mengajukan permohonan pemasangan jaringan listrik ke PLN dengan harapan 11 kepala keluarga (KK) kurang mampu dapat dipasang dengan gratis.

"Petugas dari PLN sudah meninjau, namun tidak ada tindak lanjutnya. Untuk itu, kami dan bersama masyarakat di Dusun Bangeran bergotong royong secara swadaya mengumpulkan bantuan pemasangan listrik. Saat ini, 11 KK kurang mampu tersebut sudah menikmati listrik," kata Agus.

Ia mengatakan selama ini, KK kurang mampu tersebut tidak memiliki sambungan listrik sendiri dari PLN. Mereka hanya menyambung di tetangga yang sudah memasang listrik. Namun daya listrik yang dimiliiki tetangga juga rendah, yakni 450 VA, sehingga potensi listrik mati sangat tinggi.

Agus berharap dengan bantuan pemasangan sambungan listrik tersebut, rumah warga tidak gelap sehingga mereka dapat melakukan aktivitas di malam hari, serta kegiatan ekonomi lainnya.

"Di sisi lain, anak-anak juga diharapkan dapat belajar secara maksimal dengan kondisi yang terang,” katanya.

Lebih lanjut, Agus mengatakan pemasangan sambungan listrik ini merupakan upaya untuk memperhatikan warga kurang mampu. Supaya mereka turut menikmati listrik di tengah zaman yang serba modern ini.

“Kami mengapresiasi semangat gotong royong masyarakat Dusun Bangeran untuk membantu tetanggaya yang belum menikmati listrik. Kami berharap semangat gotong royong ini juga terus dikibarkan dalam membangun ekonomi wilayah," kata anggota Fraksi Golkar DPRD Kulon Progo dari Daerah Pemilihan V (Galur dan Lendah) ini.

Dukuh Bangeran, Desa Bumirejo, Purwanto mengatakan sebenarnya dirinya bersama warga sudah mengajukan surat resmi perbaikan jaringan listrik ke pimpinan PLN. Oleh pihak PLN sudah ditinjau, namun tidak segera ada tindak lanjut. Sehingga warga RT 35 Bangeran berswadaya semampunya untuk membantu KK yang belum memiliki jaringna listik tersebut.

"Atas dukungan Anggota DPRD Kulon Progo dari Fraksi Golkar Agus Supriyanta, kami terus berjuang supaya 11 KK kurang mampu di wilayah ini mendapat jaringan listrik.Saat ini sudah bisa terlaksana," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2022