Disdikpora Yogyakarta optimalkan layanan KBS online dengan Youtube dan Zoom

id KBS,konsultasi belajar siswa,Online,yogyakarta

Disdikpora Yogyakarta optimalkan layanan KBS online dengan Youtube dan Zoom

Seorang siswa belajar di rumahnya di Ambarketawang, Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (23/3/2020), saat pemerintah untuk sementara meniadakan kegiatan belajar di sekolah dan menggantinya dengan menyelenggarakan kegiatan belajar dari jarak jauh untuk meminimalkan risiko penularan COVID-19. (ANTARA/Andreas Fitri Atmoko)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta mengoptimalkan layanan konsultasi belajar siswa online atau daring dengan memanfaatkan aplikasi Youtube dan Zoom untuk menjangkau lebih banyak siswa dan meningkatkan interaksi antara siswa dan pengajar.

“Ada layanan Konsultasi Belajar Siswa (KBS) Menyapa. Dan selama kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring, peminatnya cukup banyak bahkan meningkat,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Dedi Budiono di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, layanan tersebut disediakan untuk mata pelajaran yang diujikan secara nasional seperti Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris yang bisa diikuti oleh siswa jenjang SD dan SMP.

Layanan KBS menyapa tersebut dapat diakses melalui kanal Youtube Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setiap Senin sampai Kamis mulai pukul 13.00 WIB.

Siswa juga bisa bergabung melalui link Zoom yang sebelumnya sudah diumumkan. Kapasitas yang disediakan maksimal untuk 100 siswa.

“Sudah disediakan jadwal mata pelajaran dan jenjang sekolah sehingga siswa dapat memilih pelajaran yang ingin diikuti,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Data dan Sistem Informasi Pendidikan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Entik Siti Hidayati mengatakan, jumlah siswa yang mengikuti layanan KBS menyapa bisa mencapai ratusan seriap harinya bahkan menjelang ujian akan meningkat hingga 500 bahkan 700 siswa per sesi.

Mata pelajaran yang paling banyak diminati untuk diikuti adalah Matematika. “Sebenarnya seluruh mata pelajaran yang ditayangkan secara live streaming ini banyak peminatnya,” katanya.

Bagi siswa yang tidak mendapat kuota di Zoom maka bisa mengikuti melalui Youtube. “Jika ada pertanyaan, bisa disampaikan di kolom komentar. Jadi tetap bisa interaktif,” katanya.

Pada awal layanan, Entik mengatakan, siaran live streaming KBS menyapa dilakukan melalui studio yang ada di kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, namun karena kondisi pandemi yang meningkat, maka pengajar melalukan siaran melalui Zoom yang kemudian dihubungkan di Youtube.

Saat ini, layanan KBS menyapa juga ditingkatkan tidak hanya untuk membahas mata pelajaran tetapi juga layanan bimbingan konseling yang bahkan bisa diikuti orang tua siswa. “Bisa saling sharing pengalaman mendampingi anak saat belajar di rumah secara daring karena tentunya masih ada kendala-kendala yang dihadapi,” katanya.

Sementara itu, layanan KBS online melalui website juga tetap dibuka dan tetap melayani banyak pertanyaan dari siswa yang diajukan setiap hari.

Nantinya, KBS online yang bisa diakses melalui laman kbs.jogjakota.go.id juga akan terus dikembangkan dengan berbagai inovasi untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di Kota Yogyakarta.

 

 

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024