Promosikan wisata laut via lomba race laut-dayung

id PKT promosikan wisata laut, dengan lomba race laut dan dayung

Promosikan wisata laut via lomba race laut-dayung

Lomba dayung di Kampung Pesisir Selambai, Kelurahan Loktuan, Bontang Utara, Bontang, Kalimantan Timur (ANTARA/HO-Humas Pupuk Kaltim)

Samarinda (ANTARA) - PT Pupuk Kaltim mempromosikan potensi wisata laut di Kota Bontang, Kalimantan Timur dengan menggelar race laut dan lomba dayung di Kampung Pesisir Selambai, Kelurahan Loktuan, Bontang Utara.

Ketua Panitia Race Laut Adi mengatakan kegiatan ini bekerja sama dengan Ikatan Pemuda Selambai Berkarya (IPSB), dalam peringatan HUT ke-44 tahun perusahaan pupuk di Kota Bontang tersebut.

"Kegiatan ini merupakan agenda tahunan IPSB bersama PKT, untuk melestarikan budaya sekaligus memfasilitasi para racer Kota Bontang dalam menyalurkan hobi dan kemampuan pada kegiatan yang positif," katanya dalam keterangan resmi diterima di Samarinda, Selasa (23/11).

Race laut tahun ini meliputi dua kategori lomba, yakni kategori mesin 6-8 Paardenkracht (PK) dan 13-24 PK, sedangkan untuk lomba dayung meliputi kategori putra dan putri dilaksanakan selama dua hari, 20-21 Nopember 2021.

“Para peserta berasal dari Pesisir Pulau Gusung, Selangan, Tihi-tihi, Bontang Kuala, Berbas Pantai, Tanjung Laut Indah dan Selambai,” ujar Adi.

Melihat tingginya antusias peserta, ia berharap, kegiatan ini dapat didukung PKT secara berkelanjutan dengan ajang yang lebih besar, sehingga dapat mengakomodasi peserta dari berbagai daerah agar potensi Kampung Selambai sebagai salah satu tempat wisata Bontang makin dikenal luas.

"Terima kasih atas dukungan PKT pada kegiatan ini,yang sekaligus memfasilitasi para pemuda Selambai untuk terus menghasilkan karya bermanfaat bagi masyarakat dan daerah,” katanya.

VP Komunikasi Korporat PKT Tommy Johan Agusta mengungkapkan selain mendorong aktualisasi diri pemuda pada kegiatan positif, dukungan penuh PKT pada race laut IPSB juga sebagai upaya mengangkat potensi wisata pesisir Bontang, sekaligus meningkatkan daya tarik masyarakat untuk berkunjung ke Selambai.

Hal ini merupakan langkah PKT menggeliatkan sektor pariwisata lokal agar berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat dan para pelaku UMKM yang terimbas selama pandemi COVID-19.

"Banyak hal yang bisa kita dapatkan dari kegiatan ini, baik ajang promosi wisata maupun sarana bagi pemuda Selambai untuk produktif melalui karya. Makanya PKT mendukung penuh race laut setiap tahun,” katanya.

Ia memastikan PKT terus mendukung kegiatan masyarakat pada hal positif, sekaligus meningkatkan manfaat perusahaan yang telah 44 tahun bersama masyarakat Bontang.

"Insyaallah ke depan akan kita coba race laut dengan skala lebih besar untuk tingkat Kalimantan Timur, karena antusias peserta maupun pengunjung sangat tinggi,” katanya.

Sekretaris Daerah Kota Bontang Aji Erlynawati mengapresiasi race laut yang digelar PKT bersama IPSB, guna menumbuhkan geliat pariwisata di pesisir Bontang.

Dirinya menekankan sektor pariwisata maritim berpotensi dikembangkan, sebagai daya tarik Bontang bagi wisatawan untuk berkunjung.

Apalagi, katanya, dengan antusiasme peserta yang tinggi, diharapkan kegiatan ini terus berkesinambungan dan menjadi ikon pariwisata lokal.

“Dengan antusias yang tinggi, kami yakin race laut ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Bontang,” ucap Aji.


***1***
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021