Ikut FBC Festival Solo, Grade rangkul UMKM kuliner Jateng-DIY

id umkm

Ikut FBC Festival Solo, Grade rangkul UMKM kuliner Jateng-DIY

Grade hadir dalam Food, Beverage & Chef (FBC) Festival 2021 di De Tjolomadoe, Solo. Foto ANTARA/HO-Grade

Yogyakarta (ANTARA) - Grade hadir dalam "event" Food, Beverage & Chef (FBC) Festival 2021 di De Tjolomadoe, Solo, pada 3-5 Desember dengan merangkul usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kuliner di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

UMKM kuliner Jateng-DIY dan sekitarnya dapat memperoleh produk kemasan kertas ramah lingkungan sekaligus berkonsultasi terkait aplikasi produk untuk mengembangkan usaha kulinernya. Terdapat pula baking demo, free gift serta diskon produk hingga 30 persen selama pameran berlangsung.

Di pameran FBC Festival Solo ini, UMKM kuliner seperti bakery dan pengusaha kuliner lainnya dapat melihat langsung penggunaan produk Cake Case & Doilies Paper diaplikasikan pada makanan," kata Manajer Divisi Paper Packaging PT Maesindo Indonesia Shodiqin dalam keterangan tertulis yang diterima di Yogyakarta, Minggu. 

Selain itu juga mendapatkan paperbag ramah lingkungan untuk mengemas dan mempromosikan jualannya. UMKM juga bisa langsung berkonsultasi dengan Grade untuk menentukan produk serta ukuran yang tepat bagi usahanya.

Kemasan kertas saat ini menjadi pilihan para UMKM. Selain mengusung konsep ramah lingkungan, kemasan kertas dapat juga menambah kesan elegan produk yang dijual.

"Saya sudah dua tahun pakai Grade, bentuk doilies-nya bagus, tidak lengket. Cake case-nya juga mudah dilepas, tahan minyak, ukurannya pas," kata pengusaha pastry asal Solo Indri.

Antusias UMKM sangat tinggi untuk memperoleh produk Grade selama FBC Festival Solo. Kunjungan selama 3 hari mencapai 500 orang dengan total transaksi hingga Rp250 juta, didominasi oleh pengusaha roti dan kue, toko bahan kue dan toko kemasan. Tren penggunaan produk kertas tidak akan pernah hilang seiring dengan kampanye pemerintah dalam mengurangi penggunaan produk plastik sekali pakai.

Produk kertas Grade yang diproduksi oleh PT Maesindo Indonesia, seperti Cake Case, Doilies Paper, Paperbag, dan Tulip Cup telah tersertifikasi Food-Contact, Halal oleh MUI, bahan kertas yang tersertifikasi SVLK hingga pabrik yang tersertifikasi HACCP. Hal ini menjamin kualitas produk yang benar-benar aman saat digunakan konsumen.

Dengan kapasitas produksi Cakecase 150 juta pcs, Doilies Paper 100 juta pcs, dan Paperbag 80 juta pcs tiap bulan, PT Maesindo Indonesia bekerja sama dengan CV Sanaga Mandiri memastikan produk kertas Grade dengan mudah dapat ditemukan di toko bahan kue dan toko kemasan di Jateng dan DIY.

Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) bahwa sampah plastik tak terkelola bisa mencapai 2 juta ton per tahun dan akan terus bertambah. Hal ini tentu akan mencemari tanah, sungai hingga lautan dan berdampak pada makhluk hidup di masing-masing ekosistem.

Sejalan dengan Peraturan Pemerintah terkait pengurangan sampah plastik sekali pakai seperti di DKI Jakarta, Kota Denpasar, Banjarmasin, Balikapapan dan kota lainnya, Grade memberikan solusi kantong belanja sekali pakai yang jauh lebih ramah lingkungan. Paper bag Grade dipastikan mudah sekali terurai dalam waktu satu bulan, sedangkan kantong plastik butuh waktu 200-1.000 tahun untuk terurai.

Selain itu, kebutuhan UMKM yang mengedepankan konsep ramah lingkungan tentu memilih produk kertas sebagai solusi kemasan dalam meningkatkan citra bisnisnya.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022