Bupati Sleman Kustini: Harus ada kolaborasi dalam pemasaran hasil pertanian

id Petani milenial Sleman ,Budi Fish Farm ,Kabupaten Sleman ,Sleman ,Pemasaran hasil pertanian

Bupati Sleman Kustini: Harus ada kolaborasi dalam pemasaran hasil pertanian

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengukuhkan Jaringan Petani Milenial (JPM) Sleman di Budi Fish Farm di Padukuhan Donolayan, Ngaglik. Foto ANTARA/HO-Humas Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo mengatakan bahwa salah satu hal yang terpenting dalam memasarkan hasil pertanian adalah adanya kolaborasi antarberbagai pihak.

"Dengan adanya kolaborasi atau kerja sama dengan berbagai pihak, petani akan memiliki jejaring pasar yang luas," kata Kustini saat mengukuhkan Jaringan Petani Milenial (JPM) Sleman di Budi Fish Farm di Padukuhan Donolayan, Ngaglik, Selasa.

Menurut dia, selain perlu adanya koordinasi, petani juga lebih mudah untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pasar.

"Apalagi di Sleman ini kan hotel banyak, restoran banyak, kos-kosan juga banyak. Ini merupakan potensi. Maka harus ada kolaborasi," katanya.

Kustini juga terus mendorong terbentuknya Jaringan Petani Milenial (JPM) di kabupaten Sleman.

"Hingga saat ini ada lebih dari 500 petani milenial yang telah dikukuhkan di Kabupaten Sleman," katanya.

Ia menargetkan sebanyak 2.000 petani milenial telah dikukuhkan pada 2024. Diharapkan para generasi milenial dengan segala pengetahuan dan keterampilannya, mampu berinovasi guna mengembangkan sektor pertanian di Kabupaten Sleman.

"Yang penting ada kemauan," katanya.

Ketua Budi Fish Farm Budi Setiawan mengatakan pihaknya juga menjalin kolaborasi dengan berbagai mitra. Saat ini ia tengah menjalin kerjasama 47 mitra yang ada di Sleman dan sekitarnya.

"Sedangkan untuk pemasarannya, Budi Fish Farm telah menjual produknya ke seluruh Indonesia," katanya.

Menurut dia, saat ini dirinya di Budi Fish Farm fokus di bidang budidaya ikan air tawar, diantaranya nila, patin, lele dan gurame.

Sedangkan untuk benih, ia mampu menyuplai hampir seluruh jenis ikan air tawar.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sleman juga berkesempatan melepas pengiriman 400 ribu benih ikan Nila Merah Super Cangkringan yang akan dikirim ke Samarinda.

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024