Wabup Sleman: Pembelian BBM subsidi oleh petani perlu daftar MyPertamina

id Wabup Sleman Danang ,Pembelian BBM bersubsidi ,BBM bagi petani ,Pembelian BBM UMKM,Kabupaten Sleman ,Sleman

Wabup Sleman: Pembelian BBM subsidi oleh petani perlu daftar MyPertamina

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa saat melakukan koordinasi dengan PT Pertamina Patra Niaga Yogyakarta terkait ketersediaan BBM setelah adanya kenaikan harga BBM bersubsidi, Rabu (14/9/22). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Danang Maharsa menyebutkan petani dan pelaku UMKM yang ingin membeli bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk peralatan produksi tetap perlu mendaftar di aplikasi MyPertamina.

"Masyarakat umum baik itu petani maupun pelaku UMKM yang melakukan pembelian BBM bersubsidi dengan surat rekomendasi dari Pemkab Sleman juga perlu mendaftar di MyPertamina," kata Danang Maharsa di Sleman, Kamis.

Menurut dia, rekomendasi pembelian BBM bersubdi jenis biosolar untuk petani dan UMKM telah tertuang Surat Edaran Bupati Sleman Nomor 542/00124 tentang Pembelian BBM Jenis Solar untuk Petani dan UMKM.

"Dalam Surat Edaran tersebut dijelaskan bahwa petani dan UMKM dapat membeli BBM bersubsidi dengan membawa surat rekomendasi yang bisa didapatkan dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) terdekat," katanya.

Ia mengatakan, Sleman memiliki delapan UPTD dengan masing-masing UPTD mengampu dua kapanewon (kecamatan). "Petani bisa mengajukan melalui kelompok tani di masing-masing wilayah," kata Danang.

Danang mengatakan, selain itu kendaraan dinas Pemkab Sleman yang digunakan untuk pelayanan umum juga mendaftar di aplikasi MyPertamina.

"Kendaraan dinas OPD yang berjumlah banyak dapat dilakukan pendaftaran secara kolektif dengan satu Nomor Induk Kependudukan dari penanggung jawab kendaraan-kendaraan tersebut. Sedangkan untuk kendaraan dinas nonlayanan umum saat ini belum ada regulasi yang melarang pembelian BBM bersubsidi," katanya.

Sebelumnya Sales Branch Manager II PT Pertamina Patra Niaga Yogyakarta William Handoko Gotama saat berkoordinasi dengan Pemkab Sleman, Rabu (14/9) menjamin distribusi dan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) aman.

Menurut dia, penyaluran BBM bersubsidi di Kabupaten Sleman menggunakan fuel terminal Rewulu yang seluruhnya sudah menggunakan distribusi pipa dan didukung fuel terminal area Boyolali dan Kilang Cilacap.

"Ketersediaan stok BBM bersubsidi di fuel terminal Rewulu jenis biosolar sebanyak 11.250 ton dan pertalite sebanyak 10.858 ton. Dengan jumlah stok ini ketersediaan BBM bersubsidi di Kabupaten Sleman akan terpenuhi dengan baik," katanya.
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2024