Kondisi perang, UNFPA bantu wanita Ukraina lahirkan secara sehat

id UNFPA,ukraina,perempuan,turki,kelahiran sehat,kesehatan,dukungan medis

Kondisi perang, UNFPA bantu wanita Ukraina lahirkan secara sehat

Ilustrasi - Wanita dari Kharkiv bertemu kembali dengan teman nya dari Chernihiv di Ukraina setelah melarikan diri ke Rumania, saat invasi Rusia ke Ukraina, di perbatasan Siret, Rumania, Selasa (22/3/2022). ANTARA FOTO/Clodagh Kilcoyne/aww/sad.

Ankara (ANTARA) - Dana Kependudukan PBB (UNFPA) memberikan bantuan yang memungkinkan perempuan untuk melahirkan secara sehat dengan klinik berjalan (mobile clinic) di Ukraina, menurut keterangan pejabat.

“Kami memiliki tim keliling. Kami memiliki klinik berjalan yang bisa digunakan para perempuan untuk melahirkan dalam sebuah mobil van yang dapat berkeliling tergantung pada situasi perang,” menurut keterangan Direktur Regional UNFPA untuk Eropa Timur dan Asia Tengah, Florence Bauer kepada Anadolu.

Bauer menyatakan para perempuan dapat melahirkan di mobil van, dengan semua dukungan medis yang diperlukan.

Sejak hari pertama perang terjadi, UNFPA hadir di lapangan menyediakan layanan penyelamatan jiwa, terutama kepada para perempuan dan anak-anak, ungkapnya.

“Ini termasuk, sebagai contoh, memastikan para perempuan dapat melahirkan dengan selamat karena tentunya perempuan tetap hamil, dan mereka perlu mendapatkan dukungan medis untuk dapat melahirkan dalam kondisi terbaik, meskipun dalam keadaan perang," ucap Bauer

UNFPA memiliki tim keliling dengan psikolog yang melewati berbagai wilayah negara dan mendukung para perempuan yang mengalami keadaan sulit, terutama, mereka yang menjadi korban kekerasan, menurut Bauer.

“Jadi, sangat penting respons kemanusiaan terbesar yang kita miliki di wilayah ini yang menjadi tanggung jawab saya. Dan kami akan terus bekerja dan memastikan bahwa perempuan dan anak perempuan serta populasi yang rentan menerima layanan yang mereka butuhkan, meskipun dalam situasi yang sangat buruk ini,” tambahnya.

Badan tersebut juga bekerja sama dengan negara-negara tetangga, seperti Moldova, katanya, menambahkan bahwa mereka memberikan layanan berbeda pada kesehatan reproduksi seksual, kekerasan berdasarkan gender dan akses keluarga berencana bagi perempuan yang datang dari Ukraina.

“Kami mempromosikan pemberdayaan, dan juga kesempatan kerja bagi perempuan dan anak-anak perempuan. Sehingga kami memiliki operasi kemanusiaan besar menyelamatkan nyawa, bekerja sama dengan badan PBB lain, juga aktor penting lainnya,” kata dia.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: UNFPA bantu perempuan Ukraina melahirkan secara sehat
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024