Bantul menguatkan kolaborasi lintas sektor dalam penanganan stunting

id Penanganan stunting ,Pemberian gizi anak,Sinergi penanganan stunting

Bantul menguatkan kolaborasi lintas sektor dalam penanganan stunting

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo saat menghadiri bakti sosial penguatan penanganan stunting di Kabupaten Bantul, DIY, Kamis (9/2/2023) (Foto Humas Polres Bantul)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan Kepolisian Resor dan Kodim Bantul menggelar bakti sosial kepada anak balita daerah ini sebagai upaya penguatan kolaborasi dan sinergi lintas sektor dalam penanganan stunting.

"Kegiatan ini adalah bentuk keseriusan Pemkab Bantul bersama instansi terkait, dalam rangka mewujudkan anak-anak Bantul yang sehat, sebagai generasi penerus bangsa," kata Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo saat Bakti Sosial dengan tema Balita Bermain Ceria di Bantul, Kamis.

Untuk itu, kata dia, anak-anak harus diberikan makanan yang bergizi.

"Dengan budaya hidup sehat akan memberikan dampak yang sangat baik bagi diri kita, anak-anak kita, keluarga kita dan lingkungan kita. Mari kita semua berdoa, semoga anak-anak kita semua sehat, berakhlak mulia, dan berkepribadian Indonesia," katanya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bantul AKBP Ihsan berpesan kepada para orangtua agar selalu memberikan makanan yang bergizi bagi anak-anak, karena mereka adalah aset sebagai generasi penerus bangsa.

"Anak-anak kita inilah nantinya yang akan menjadi generasi penerus bangsa. Bahkan nanti akan ada yang menjadi kapolres, bupati, wakil bupati, dan juga bisa menjadi orang sukses. Oleh karena itu, kita harus benar-benar menjaga gizi anak-anak kita agar terjaga kesehatan dan kecerdasannya," katanya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Bantul Didik Warsito mengatakan, kegiatan bakti sosial ini dalam rangka meningkatkan konvergensi penanganan stunting di Kabupaten Bantul, dan juga dalam mewujudkan balita yang sehat dan kuat.

Dia mengatakan, penguatan kolaborasi dan sinergi lintas sektor dalam penanganan stunting amat penting mengingat kasus stunting masih menjadi perhatian khusus Pemkab Bantul, dan salah satu cara mencegah stunting adalah melalui asupan gizi dan nutrisi yang memadai.

"Diharapkan ini dapat memberikan motivasi orang tua untuk lebih memperhatikan pemberian gizi pada anak-anak kita. Sudah seharusnya anak-anak kita mendapat gizi yang baik. Dengan memperbaiki gizi anak-anak kita, tentu angka stunting di Bantul akan menurun," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024