Puluhan UMKM dan pelaku wisata memeriahkan Pasar Takjil Kaliurang #2

id Wabup Sleman ,Pasar Takjil Kaliurang ,Dinas Pariwisata Sleman ,Dispar Kabupaten Sleman ,Tlogoputri Kaliurang ,Pelaku UMK

Puluhan UMKM dan pelaku wisata memeriahkan Pasar Takjil Kaliurang #2

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa meninjau gerai UMKM seusai membuka acara Pasar Takjil Kaliurang #2 di kawasan wisata Tlogoputri Kaliurang, Jumat (14/4/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Puluhan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta pelaku jasa pariwisata turut memeriahkan gelar Pasar Takjil Kaliurang #2 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman di kawasan destinasi Tlogoputri Kaliurang.

Pasar Takjil Kaliurang #2 yang dijadwalkan digelar selama enam hari dari 14 hingga 19 April 2023 tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, Jumat.

Danang Maharsa mengatakan Pasar Takjil Kaliurang #2 sebagai bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten Sleman dalam memberikan dukungan untuk pengembangan UMKM.

Langkah ini juga dilakukan dalam rangka pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19, khususnya untuk sektor pariwisata.

"Pemkab Sleman terus melakukan berbagai upaya dalam mendukung UMKM dan wisata di Sleman. Salah satunya dengan event-event seperti Pasar Takjil ini sebagai pemantik untuk menarik minat masyarakat datang ke wisata Kaliurang," katanya.

Danang juga mengingatkan, agar pelaku UMKM dan pariwisata untuk memberikan pelayanan yang humanis. Di samping menyuguhkan kualitas produk atau layanan yang terbaik, pelaku usaha juga perlu menunjukkan sikap sopan dan santun agar wisatawan kembali lagi untuk berkunjung di Sleman.

"Silakan bisa memberikan layanan yang bagus dan memberikan pelayanan yang humanis sehingga nanti wisatawan dapat memiliki kesan tersendiri di Sleman dan selalu merasa kangen untuk kembali," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid mengatakan bahwa Pasar Takjil Kaliurang #2 dilaksanakan sebagai upaya menggerakkan kembali perekonomian masyarakat di Bulan Ramadhan, khususnya di area wisata Kaliurang.

"Kami bekerja sama dengan pelaku usaha, pelaku pariwisata, pihak hotel, restoran dan UMKM untuk menyelenggarakan Pasar Takjil Kaliurang untuk kedua kalinya," katanya.

Ia mengatakan, acara yang diikuti 27 UMKM ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membangun sinergi antara Pemerintah Kabupaten Sleman dengan pelaku ekonomi kreatif untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Sehingga sekaligus menambah daya tarik di destinasi wisata Kaliurang untuk meningkatkan kunjungan wisatawan," katanya.

Zayid menambahkan, selain menyuguhkan bazar UMKM, Pasar Takjil Kaliurang #2 juga menampilkan panggung atraksi seni, festival hadroh, lomba mewarnai, dan lomba melukis.

"Diharapkan pelaksanaan Pasar Takjil Kaliurang #2 dapat memberikan manfaat yang lebih luas khususnya untuk masyarakat Sleman," katanya.

 

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024