Bantul memperoleh penghargaan kontribusi sukseskan program transmigrasi

id Transmigrasi Bantul ,Disnakertrans Bantul ,Penempatan transmigrasi

Bantul memperoleh penghargaan kontribusi sukseskan program transmigrasi

Pelepasan calon transmigran ke lokasi tujuan transmigrasi oleh Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah istimewa Yogyakarta, pada tahun 2022. FOTO ANTARA/dok Hery Sidik.

Bantul, DIY (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah istimewa Yogyakarta (DIY)telah memperoleh penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi atas kontribusi dan kerja keras dalam mensukseskan program transmigrasi.

"Terkait penempatan transmigrasi memang Kabupaten Bantul meraih penghargaan sebagai daerah yang sangat 'concern' dan sudah kerja keras terkait dengan penempatan transmigrasi," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bantul Istirul Widilastuti di Bantul, Rabu.

Penghargaan atas kontribusi dalam mensukseskan program transmigrasi tersebut diberikan langsung oleh Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar kepada Bupati Bantul Abdul Halim Muslih bersama dengan kabupaten lain di DIY beberapa hari lalu.

Menurut dia, memang dari tahun ke tahun kuota transmigrasi di Bantul itu mengalami penurunan, akan tetapi instansinya sebagai pemerintah selalu berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan komunikasi dengan pusat agar kuota transmigrasi di Bantul mengalami peningkatan.

"Dan ini kita berkolaborasi dengan Pemda DIY melakukan komunikasi dengan pusat bagaimana nanti penempatan transmigrasi di tahun ini dan tahun depan mengalami peningkatan," katanya.

Dia mengatakan, hal itu karena di Kabupaten Bantul termasuk yang animo atau minat masyarakat paling tinggi untuk penempatan transmigrasi.

"Dan sudah banyak saudara saudara kita yang menanyakan terkait penempatan transmigrasi di tahun ini dan depan, kita pokoknya berusaha semaksimal mungkin untuk menempatkan saudara-saudara kita pada program transmigrasi," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, rata-rata kuota transmigrasi untuk Bantul yang diberikan pemerintah pusat setiap tahun sebanyak 15 keluarga atau KK, seperti pada tahun 2022, Bantul memberangkatkan sebanyak 15 keluarga yang terdiri 45 jiwa, ke berbagai tujuan transmigrasi luar Jawa.

"Mudah-mudahan tahun ini pada kuota yang sama, tapi seandainya pun mengalami penurunan kita akan melakukan komunikasi intensif pada pemerintah pusat terkait dengan program transmigrasi, karena saudara saudara kita masih banyak yang ingin melakukan transmigrasi," demikian Istirul Widilastuti .
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024