Milenial harus aktif perangi paham radikal

id Mui maluku,Radikalisme,Terorisme,Milenial maluku,FKPT Maluku,MUI Maluku ajak milenial,ajak milenial perangi radikalisme

Milenial harus aktif perangi paham radikal

Ketua MUI Maluku, Abdullah Latuapo, saat memberikan edukasi dan sosialisai terkait radikalisme dan terorisme kepasa mahasiswa, di Ambon, Senin. (ANTARA/Winda Herman)

Ambon (ANTARA) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku mengajak kaum milenial setempat dapat memerangi radikalisme dan terorisme.

Ketua MUI Maluku, Abdullah Latuapo mengatakan, melawan radikalisme perlu dilakukan dengan pertahanan seseorang agar tidak terpapar ideologi radikal dan terorisme.

“Pertahanan itu harus dari lingkungan keluarga dan juga lingkungan pendidikan. Dari situlah harusnya bersama-sama saling merangkul perangi paham radikal dan terorisme,” kata Latuapo, di Ambon, Senin.

Menurutnya, banyak contoh kasus keterlibatan anggota keluarga yang turut serta mengarahkan bahkan membiayai mendalami paham radikal dan aksi terorisme kepada anak.

“Moderasi beragama merupakan konsepsi yang dapat membangun sikap toleran dan rukun guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Maluku, Abdul Rauf menjelaskan, penyalahgunaan narasi agama dalam terorisme tidak hanya menjadi permasalahan bagi Indonesia tetapi juga negara mayoritas muslim lainnya. Perspektif ini menciptakan stigma buruk terhadap agama Islam dan pemeluknya.