Ganjar Milenial kampanyekan lingkungan lewat penanaman satu juta pohon

id ganjar milenial

Ganjar Milenial kampanyekan lingkungan lewat penanaman satu juta pohon

Ganjar Milenial Center (GMC) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar penanaman satu juta pohon di Dusun Sawah Lor, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY, Jumat (30/6/2023) (ANTARA/HO-GMC)

Yogyakarta (ANTARA) - Dalam rangka mengkampanyekan kesadaran akan rasa cinta terhadap lingkungan, Ganjar Milenial Center (GMC) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar penanaman satu juta pohon pada Jumat. 

Kegiatan yang menyasar generasi milenial itu berlangsung di Dusun Sawah Lor, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY. 

Perwakilan GMC DIY Ayatullah Fazlur mengatakan penanaman ini dilakukan berdasarkan permintaan warga sekitar. Dia menjelaskan pinggiran sungai desa tersebut cukup curam dan kerap terjadi longsor saat banjir melanda. 

"Seperti yang kami ketahui banyaknya kampanye cinta lingkungan karena perubahan iklim, kerusakan lingkungan, penebangan sembarangan, banjir, disebabkan tidak adanya penghijauan. Itu menjadikan GMC DIY prihatin sehingga mengadakan kegiatan penanaman satu juta pohon ini," ujar pria yang akrab dipanggil Ayat itu. 

Adapun jenis pohon yang ditanam, yaitu pohon sengon. Sebab, selain berfungsi untuk penghijauan, jenis tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai produk kontruksi dalam jangka panjang, sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi bagi masyarakat. 

Ayat juga berharap kepedulian milenial Desa Sawah Lor terhadap lingkungan makin tinggi. Dengan demikian, misi mengkampanyekan cinta lingkungan hidup yang mereka galakkan dapat tercapai. 

"Jadi, harapan kami ke depan pohon-pohon yang kami tanam pada hari ini bisa bermanfaat untuk masyarakat ke depan. Kemudian ke depannya pemuda dan masyarakat bersatu untuk mengkampanyekan cinta lingkungan hidup," kata Ayat. 

Menurut dia, langkah penghijauan ini perlu digalakkan mengingat terjadinya perubahan iklim, kerusakan lingkungan, penebangan sembarangan yang menyebabkan berbagai bencana di antaranya banjir. 

Penanaman satu juta pohon yang diselenggarakan loyalis Ganjar Pranowo itu pun mendapatkan apresiasi dari warga. 

Seperti yang diungkapkan oleh Nafngan, salah satu peserta penanaman. Dia mengaku sangat antusias dengan kegiatan positif dari GMC yang sangat bermanfaat tersebut. 

"Sangat senang, antusias, cukup membantu memberikan manfaat untuk kami, sangat mengapresiasi kegiatan dari GMC," ucap Nafngan. 

"Harapan saya masih bisa berlanjut dengan tim GMC, karena kegiatannya itu banyak manfaat untuk kalangan anak muda atau di kalangan masyarakat sendiri sangat membantu, sangat berguna," katanya.