Bupati sebut menjaga kelestarian lingkungan hidup dimulai dari diri sendiri

id Hari Lingkungan Hidup ,Dinas Lingkungan Hidup ,DLH Kabupaten Sleman ,Sleman

Bupati sebut menjaga kelestarian lingkungan hidup dimulai dari diri sendiri

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat menghadiri acara puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Lapangan Pemda Sleman, Yogyakarta, Jumat (14/7/2023). FOTO ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman, DIY (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kustini Sri Purnomo menyebutkan bahwa upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup dapat dilakukan dengan cara yang sederhana yakni memulai dari diri sendiri dan dilakukan saat ini juga.

"Salah satunya adalah dengan meminimalkan penggunaan plastik dalam kehidupan kita sehari-hari," katanya pada l acara puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 di Lapangan Pemda Sleman, Jumat.

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Ketua I DPRD Sleman Arif Kurniawan, Dandim/0732 Sleman, Letkol (Arm) Danny Arianto Pardamean Girsang serta pejabat terkait lainnya.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia pada Tahun 2023 mengangkat tema Solusi Untuk Polusi Plastik (Solutions to Plastic Pollution) dengan mengusung kampanye #beatplasticpollution.

Sedangkan tema yang diangkat Pemkab Sleman adalah "Dengan Bijak Penggunaan Plastik, Mari Bersama Kurangi Polusi Plastik".

Kustini berharap kegiatan ini dapat semakin memotivasi dan menguatkan kesadaran seluruh masyarakat Sleman untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekitarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman Epiphana Kristiyani mengatakan, berbagai kegiatan gerakan peduli lingkungan diadakan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini.

"Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi bersih sungai, pembinaan dan evaluasi kegiatan Kampung Hijau dan kegiatan program Kampung Iklim tingkat Kabupaten Sleman," katanya.

Pada acara tersebut juga dilakukan pelepasan burung secara simbolis dan penyerahan bantuan 100 bibit tanaman kepada masyarakat.

Selain itu, juga diadakan pameran sejumlah gerai dari berbagai kegiatan pelestarian dan pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Sleman.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan nota kesepakatan antara Batalyon Infanteri Mekanis 403 dengan Pemerintah Kabupaten Sleman tentang Sinergi Kerja Sama Pembangunan Daerah Kabupaten Sleman.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024