1.000 umat Buddha ikuti Apihoma Tantrayana di Borobudur

id Buddha, api,borobudur

1.000 umat Buddha ikuti Apihoma Tantrayana di Borobudur

Para biksu menyalakan lilin pada upacara Apihoma Tantrayana Zhenfozong di pelataran Candi Borobudur. ANTARA/Heru Suyitno

Magelang (ANTARA) - Sekitar seribu umat Buddha Majelis Tantrayana Satya Buddha Indonesia dan Majelis Tantrayana Zhenfo Zong Kasogatan Indonesia mengikuti upacara Apihoma Tantrayana Zhenfozong Borobudur 2023.

Ketua Panitia Upacara Apihoma Tantrayana Zhenfozong Borobudur 2023, Yusuf Sumartha di Magelang, Sabtu, mengatakan kegiatan ini merupakan ritual simbol ketulusan hati umat dipersembahkan kepada makhluk suci melalui media api.

"Upacara akbar ini mengusung ritual khas Tantrayana, yakni memberikan persembahan melalui media api (apihoma)," katanya.



Upacara dipimpin oleh empat orang acarya atau mahabiksu menghadap empat penjuru dengan adinata yang dipuja, yaitu Buddha Sakyamuni.

Ia menuturkan pada upacara Apihoma ini mendoakan agar Negara Kesatuan Republik Indonesia dijauhkan dari segala bentuk bencana, rakyat senantiasa aman, sejahtera dan makmur sentosa.

"Kami juga mendoakan agar umat Buddha di Indonesia memperoleh berkah dan kebijaksanaan, memiliki sradha yang kokoh, disiplin dalam sila, mengembangkan Bodhicitta dalam menapaki jalan Bodhisattva," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Umat Buddha ikuti upacara Apihoma Tantrayana di Borobudur