Festival "Kali Jangkuk 2023" upaya gaet wisatawan

id Festival Kali Jangkuk Mataram

Festival "Kali Jangkuk 2023" upaya gaet wisatawan

"Gendang Beleq" salah satu kesenian tradisional lokal di Pulau Lombok, yang ditampilkan dalam acara Festival Kali Jangkuk Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sabtu malam (29/7-2023). (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menggelar kegiatan Festival Kali Jangkuk 2023, sebagai pusat kegiatan hiburan, seni budaya, serta ekonomi masyarakat berbasis kearifan lokal.

Kegiatan Festival Kali Jangkuk berlangsung di sepanjang 800 meter pinggir Sungai Jangkuk Kelurahan Pejeruk, Kecamatan Ampenan, dimulai sekitar pukul 19.00 WITA hingga pukul 22.00 WITA, tersebut dibuka oleh Camat Ampenan Muzakkir Walad, di Mataram Sabtu malam.

Dalam kesempatan itu Camat Ampenan mengatakan, Festival Kali Jangkuk merupakan Malioboro ala kearifan lokal, dan berfungsi sebagai ruang publik serta penggerak bagi pelaku UMKM di sekitar.

"Saya memberikan apresiasi kepada Lurah Pejeruk, yang telah menghidupkan aktivitas warga di pinggir sungai hingga menjadi kawasan yang produktif," katanya.

Selain menjadi pusat ekonomi masyarakat berbasis kearifan lokal, bantaran sungai di Kelurahan Pejeruk kini mampu menjadi tempat rekreasi, edukasi, serta silaturrahim sehingga bisa berdampak pada indeks kebahagiaan masyarakat terutama di Kelurahan Pejeruk.

"Kalau sudah bahagia, apapun yang menjadi program pemerintah kota bisa mendapat dukungan dari warga," katanya.

Sementara Lurah Pejeruk Lalu Bagus Afriady yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan, kegiatan Festival Kali Jangkuk 2023 merupakan kegiatan ketiga yang digelar setelah kawasan pinggir Kali Jangkuk ditata pada tahun 2019.