BKKBN-wanita Buddhis jadi bunda asuh anak stunting

id Stunting,Bunda asuh anak stunting,BKKBN,Wanita Buddhis Indonesia

BKKBN-wanita Buddhis jadi bunda asuh anak stunting

Program Jakarta Beraksi (bersama atasi stunting) dicanangkan pada Jumat (8/9/2023) di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Mardani Asri, Jakarta Pusat.

Jakarta (ANTARA) -
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggandeng organisasi Wanita Buddhis Indonesia (WBI) di Kelurahan Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat, untuk menjadi bunda asuh anak stunting (BAAS).
 
"Seperti yang kita ketahui, stunting tidak mungkin bisa teratasi jika kita bekerja sendiri. Kita harus bekerja sama, dan secara khusus dalam program BAAS ini ada paket pemberian makanan tambahan. Kalau di program ini sifatnya adalah pemulihan, utamanya pada sasaran anak stunting supaya tidak stunting lagi," ujar Penyuluh KB Ahli Utama BKKBN Dr. Ir. Dwi Listyawardani dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu.
 
Program yang bertajuk "Jakarta Beraksi (bersama atasi stunting)" dicanangkan pada Jumat (8/9) di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Mardani Asri, Jakarta Pusat, dan akan berlangsung selama tiga bulan dengan program pemulihan anak yang terindikasi stunting.
 
Menurut Dwi, format kegiatan BAAS di Kelurahan Cempaka Putih Barat sangat bagus, karena tidak hanya memberikan bantuan tetapi juga melakukan pengawasan dengan kartu kendali agar bantuan benar-benar diterima oleh para balita sasaran. Ia berharap, program ini selanjutnya bisa menyasar para ibu hamil dengan kekurangan energi kronis (KEK).
 
"Di sini luar biasa, ada kartu kendali dimana kadernya secara interaktif melaporkan bahwa ini (bantuan) sudah diberikan. Mudah-mudahan juga ada laporan kalau ini sudah dimakan, jangan sampai kalau sudah diantar ke rumah, yang makan bapak atau ibunya. Karena kalau stunting itu harus dipantau supaya apa yang sudah dibantu oleh donatur bisa betul-betul sampai ke sasaran mulut yang menerima," katanya.
 
Selain itu, ia berpesan agar para orang tua bisa memikirkan tumbuh kembang anaknya dengan merencanakan kehidupan berkeluarga untuk memenuhi hak semua anak.
 
Sementara, Ketua Umum WBI Lucy Halim yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa WBI sangat berkomitmen untuk ikut berpartisipasi menurunkan stunting demi masa depan anak-anak Indonesia.
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BKKBN gandeng organisasi Buddhis jadi bunda asuh anak stunting
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024