Polres Bantul mendistribusikan bantuan air bersih ke wilayah kekeringan

id Droping air bersih ,Dampak kekeringan ,Polri peduli bantuan air bersih

Polres Bantul mendistribusikan bantuan air bersih ke wilayah kekeringan

Distribusi bantuan air bersih ke wilayah terdampak kekeringan akibat kemarau panjang di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jumat (6/10/2023). (Foto ANTARA/HO/Humas Polres Bantul)

Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendistribusikan bantuan air bersih ke wilayah kekeringan guna memenuhi kebutuhan sehari hari terhadap masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih karena dampak musim kemarau panjang 2023.

"Atas perintah Bapak Kapolres Bantul, kami mendistribusikan air bersih ke Pedukuhan Dermojurang, Kelurahan Seloharjo, Pundong karena di dusun ini mengalami kesulitan air bersih akibat musim kemarau," kata Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Prana Widnyana dalam keterangannya di Bantul, Jumat.



Menurut dia, kegiatan bertajuk Polri Peduli Bantuan Air Bersih tersebut juga dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72  Humas Polri  2023.

Dia mengatakan, pendistribusian air bersih dilakukan untuk membantu masyarakat dalam mencukupi stok air bersih di tandon-tandon penampungan air yang selanjutnya didistribusikan ke rumah-rumah warga melalui pipa saluran air.

"Kami juga memberikan bantuan air secara langsung kepada warga yang datang ke lokasi," katanya.

 

Dia juga mengatakan, distribusi air bersih tersebut juga sebagai bentuk kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat. Kehadiran Polri, juga harus menjadi solusi di tengah permasalahan yang dihadapi masyarakat saat ini.

 

"Selain memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, kehadiran Polri harus memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat," katanya.
 

 

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Antoni Hutagaol ketika dikonfirmasi mengatakan, distribusi air bersih yang dilakukan Polres Bantul kali ini sebanyak tiga tangki air, salah satunya ke Pedukuhan Dermojurang.

Dia menyebutkan, distribusi dengan melibatkan truk Tagana Dinas Sosial (Dinsos) Bantul ke Dusun Sanan, Kelurahan Bawuran, Pleret satu tanki. Kemudian truk BPBD dan Palang Merah Indonesia (PMI) Bantul ke Pedukuhan Dermojurang Seloharjo sejumlah dua tangki.

 

"Jadi ada bantuan droping air bersih dari Polres Bantul dengan melibatkan tangki air dari BPBD, PMI dan Tagana," katanya.

 

Dia menyebut, hingga saat ini, di wilayah Bantul yang terdampak kekeringan akibat kemarau panjang dan mendapat bantuan air bersih sebanyak delapan kecamatan, meliputi 14 kelurahan, 27 pedukuhan, dengan warga yang terdampak sebanyak 5.224 KK terdiri 21.296 jiwa.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polres Bantul distribusi bantuan air bersih ke wilayah kekeringan