Kenalkan tradisi generasi muda Indonesia via sandiwara sastra

id Sandiwara Sastra,Ahmad Mahendra,Kemdikbudristek

Kenalkan tradisi generasi muda Indonesia via sandiwara sastra

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra (ketiga dari kiri di baris bawah) berfoto bersama tim produksi "Sandiwara Sastra Musim Kedua" di kantor Kemendikbudristek, Jakarta, Senin (30/10/2023). ANTARA/Uyu Septiyati Liman

Jakarta (ANTARA) - Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra mengatakan bahwa program “Sandiwara Sastra Musim Kedua” yang menampilkan 10 episode drama audio bertemakan “Misteri Nusantara” dapat menjembatani generasi muda untuk mengenal tradisi nusantara.

“Harapannya ini akan menjadi platform bagi kita untuk mengangkat kembali sastra dan folklore (cerita rakyat). Itu juga sangat penting. Jadi itu konsep yang kita pilih untuk menjadi jembatan literasi kepada generasi muda,” ucap Mahendra di kantor Kemendikbudristek, Jakarta, Senin (30/10) malam.

Dia menyatakan bahwa seringkali sulit mengenalkan berbagai tradisi di Nusantara kepada generasi muda jika tidak dikemas dengan cara yang inovatif.

“Kadang-kadang kalau kita memaksakan untuk langsung (mengenalkan generasi muda) ke tradisi itu sulit, ya ‘kan? Nah, kita harus ada jembatan untuk itu,” ujar Mahendra.

Oleh karena itu, ia menuturkan bahwa Kemenikbudristek berupaya memperkenalkan warisan budaya Indonesia, baik yang berwujud (tangible) maupun yang tak benda (intangible), dengan sentuhan teknologi kepada generasi muda.

“Berbagai kesenian, tradisi, dan sebagainya dikemas dengan cara baru, tanpa tidak meninggalkan pakemnya,” kata dia.

Mahendra pun menyatakan bahwa cerita-cerita dalam “Sandiwara Sastra Musim Kedua” disajikan dalam bentuk drama audio karena masih banyak penggemar media hiburan dengan format seperti ini.

Bahkan, lanjutnya, seri pertama dari “Sandiwara Sastra” yang dirilis pada 2020 lalu mendapatkan penghargaan dari Podcast Awards 2021 untuk kategori drama audio.

“Kita bangga sekali program podcast (siniar) ini menang mengalahkan dua ribu podcast yang lain. Itu luar biasa,” ucap Mahendra.
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sandiwara Sastra jembatan kenalkan tradisi pada generasi muda

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024