Bantul tumbuhkan minat kaum muda pada kesusastraan

id budaya bantul,seni sastra bantul,kesusastraan

Bantul tumbuhkan minat kaum muda pada kesusastraan

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul Nugroho Eko Setyanto. (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta berupaya menumbuhkan minat kaum muda pada kesusastraan.

"Kami berkolaborasi dengan para sastrawan, baik itu sastrawan Jawa maupun sastrawan Indonesia, dalam memperkenalkan sastra kepada anak-anak sekolah," kata Kepala Dinas Kebudayaan Bantul Nugroho Eko Setyanto di Bantul, Selasa.

Ia mengatakan, Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul mengadakan pelatihan-pelatihan tentang kesusastraan bagi para guru maupun pelajar.

"Kami terus melakukan fasilitasi, dari sisi regenerasi juga kita lakukan mulai dari anak-anak sekolah, termasuk para guru-guru, kita coba untuk berikan semacam pelatihan dengan instruktur para sastrawan yang ada di Bantul," katanya.

Selain itu, menurut dia, Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul setiap tahun mengadakan lomba karya sastra untuk memotivasi anak-anak muda mengembangkan kemampuan mereka dalam seni sastra.

Beberapa waktu lalu, pemerintah daerah juga mengadakan Gelar Sastra Bantul di Pasar Seni Gabusan. Sekitar seratus sastrawan dihadirkan dalam kegiatan itu untuk memperkenalkan seni sastra kepada masyarakat.