Puluhan pelaku pungli bikin resah wisatawan ditangkap polisi

id Pungli ,Kawasan Wisata,Objek Wisata ,Pantai Selatan Kabupaten Sukabumi ,Polres Sukabumi ,Satreskrim

Puluhan pelaku pungli bikin resah wisatawan ditangkap polisi

Para pelaku pungli di kawasan wisata Pantai Selatan Kabupaten Sukabumi yang diciduk Satreskrim Polres Sukabumi pada Minggu, (5/11/2023). ANTARA/Aditya Rohman

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Polres Sukabumi menciduk puluhan terduga pelaku pungutan liar (pungli) yang telah membuat resah wisatawan yang tengah berwisata di Pantai Selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Ada 26 pelaku pungli yang kami tangkap di delapan titik objek wisata pantai mulai dari Kecamatan Ciemas hingga Cisolok," kata Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede di Sukabumi pada Minggu.

Kasat Reskrim Polres Sukabumi AKP Ali Jupri menambahkan penangkapan terhadap 26 pelaku pungli yang beroperasi di kawasan wisata selatan Kabupaten Sukabumi ini merupakan respon pihaknya dari banyaknya aduan yang masuk.

Keberadaan pelaku ini, sangat meresahkan khususnya wisatawan dan dapat mencoreng nama pariwisata Kabupaten Sukabumi.

Penangkapan yang dilakukan jajaran Satreskrim Polres Sukabumi bersama personel polsek dengan cara menyisir titik wisata yang diduga menjadi tempat beroperasi para pelaku pungli.

Para pelaku ini berhasil tertangkap tangan saat hendak memungut uang secara ilegal di kawasan wisata. Adapun modus yang dilakukan mereka adalah meminta uang parkir tidak sesuai dengan aturan seperti perda yang berlaku.

Kemudian, tarif parkir yang dikenakan kepada wisatawan bisa dikatakan memberatkan, sehingga banyak keluhan dari pengunjung ditambah para pelaku ini hanya menarik uang parkir saja tetapi tidak menjaga keamanan kendaraan milik wisatawan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polres Sukabumi ciduk puluhan pelaku pungli terhadap wisatawan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024