Dosen Mengabdi IPB bimbing petani produksi benang pilin

id Bogor, benang pilin, Doden mengabdi, IPB, Sidorejo, Bojonegoro, Siti Nikmatin

Dosen Mengabdi IPB bimbing petani produksi benang pilin

Petani pisang abaka saat melakukan proses pembuatan serat, di Talaud, Rabu (18/5/2022). ANTARA/Nancy L Tigauw. (1)

Kota Bogor (ANTARA) - Tim Dosen Mengabdi Departemen Fisika FMIPA IPB membimbing kelompok tani di Desa Sidorejo Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, memanfaatkan limbah batang pisang menjadi benang pilin sebagai bahan aneka kerajinan untuk menambah penghasilan.

"Hal ini merupakan implementasi riset dan inovasi dari Kampus IPB untuk pengembangan desa mandiri," kata satu dosen dalam Tim Dosen Mengabdi IPB, Siti Nikmatin di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Menurut Siti Nikmatin, dalam kegiatan dosen mengabdi di Sidirejo, para petani muda dan ibu-ibu membuat benang pilin yang bisa digunakan sebagai bahan dasar kain, alas meja, tikar, keranjang dan produk lain.

Dalam pelatihan yang telah berlangsung pada 17 - 20 November 2023 di Desa Sidorejo Kabupaten Bojonegoro, tim telah memberikan edukasi berbagi keilmuan, diskusi interaktif terkait dengan inovasi riset, scale up dan komersialisasi.

Mitra sasaran dosen mengabdi adalah kelompok tani yaitu pemuda desa dan ibu-ibu rumah tangga Desa Sidorejo dengan mengusung tema memanfaatkan batang pisang dan mengolahnya menjadi benang pilin untuk dijadikan aneka produk industri kreatif consumable.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengisi waktu luang kelompok tani setelah bekerja di sawah dan meningkatkan perekonomian keluarga.

Namun demikian, kata Siti Nukmatin, permasalahan mendasar yang dialami kelompok tani adalah sulitnya akselerasi dalam menjual produk kerajinan dari batang pisang di pasar domestik.

 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024