Hati-hati, tetap tinggi risiko kesehatan akibat COVID-19, kata WHO

id WHO,covid-19,kesehatan masyarakat,global

Hati-hati, tetap tinggi risiko kesehatan akibat COVID-19, kata WHO

Ilustrasi - Vaksin COVID-19. (ANTARA/HO-Sutterstock)

Jenewa (ANTARA) - Pakar kesiapsiagaan pandemi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Maria Van Kerkhove mengatakan risiko kesehatan masyarakat global akibat COVID-19 tetap tinggi, namun hal ini tidak terlihat, sementara angka kematian telah menurun drastis sejak dua tahun lalu.

"Risiko kesehatan masyarakat akibat COVID-19 tetap tinggi, dan ini terjadi secara global. Kita memiliki patogen beredar di seluruh dunia," ujar Dr. Van Kerkhove, yang mengepalai bagian pencegahan epidemi dan pandemi WHO pada konferensi pers PBB.

Dia mengatakan "Data berdasarkan kasus yang dilaporkan ke WHO bukanlah indikator yang dapat diandalkan, dan ini belum menjadi indikator yang dapat diandalkan selama beberapa tahun hingga saat ini."

Beberapa data dari sejumlah negara mungkin mengindikasikan bahwa virus tersebut sudah tidak ada, namun kenyataannya tidak.

Data WHO menunjukkan bahwa jumlah kasus yang dilaporkan dari seluruh dunia dalam 28 hari terakhir berjumlah 286.562, sementara jumlah kematian di seluruh dunia dalam dua tahun lebih dari tujuh juta.

Van Kerkhove mengatakan bahwa peredaran penyakit ini sebenarnya antara dua hingga 19 kali lebih tinggi dari apa yang dilaporkan.


Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pakar WHO sebut risiko kesehatan akibat COVID-19 tetap tinggi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024