Jalani pelatihan, Satpol PP Pariwisata di Bali

id Satpol PP Pariwisata,Satpol PP Bali,wisatawan,Pemprov Bali

Jalani pelatihan, Satpol PP Pariwisata di Bali

Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra saat membuka pelatihan Satpol PP Pariwisata di Denpasar, Senin (22/1/2024). ANTARA/Ho-Pemprov Bali

Denpasar (ANTARA) - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Bali Nyoman Rai Dharmadi mengatakan Satpol PP Pariwisata yang dibuat perdana di Pulau Dewata mulai menjalani pelatihan selama 10 hari sebelum diterjunkan ke objek dan daya tarik wisata.

“Mulai hari ini 10 hari ke depan dilatih, pesertanya anggota Satpol PP Badung 40 orang ditambah Satpol PP Bali 31 orang, yang provinsi direkrut dari beberapa OPD kita seleksi jadi anggota baru,” kata dia saat dikonfirmasi di Denpasar, Senin.

Rai menyebut pelatihan yang diberikan seperti pemahaman aturan do’s and don’ts terhadap wisatawan, pengenalan karakteristik wisatawan, upaya penyelesaian masalah di lapangan, hingga pelatihan bela diri, Bahasa Inggris, dan penggunaan perlengkapan kerja.

“Kita perkenalkan dulu segala materi soal Satpol PP tugas dan fungsinya, kita isi bela dirinya bagaimana kalau menemukan hal menyangkut gangguan ketertiban di objek wisata. Kita latih tanpa harus mencederai atau melecehkan wisatawan, kita harus hati-hati karena maksud hati benar ingin mengamankan,” ujarnya.

Selama hampir dua pekan, anggota Satpol PP Pariwisata ini akan dipertemukan dengan mentor-mentor terkait, baik dari institusi pemerintahan seperti BKPSDM, Satpol PP Bali, Imigrasi, RS Jiwa Bali, dan Dinas PMPTSP Bali, maupun lembaga eksternal yang memberi pelatihan berbahasa dan bela diri.

Rai menjelaskan kehadiran unit Satpol PP Pariwisata mendapat respons positif dari Kemendagri, bahkan ini menjadi proyek percontohan bagi provinsi dengan keunggulan pariwisata lainnya.

Satpol PP Pariwisata ini nantinya diharapkan mampu meminimalkan potensi gangguan ketentraman dan ketertiban yang berdampak ke kesan Bali yang menjadi tidak aman dimata wisatawan.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024