Alumni ITB: Percepat hilirisasi gas-minerba Indonesia

id IA ITB Jatim, Hilirisasi Gas dan Minerba

Alumni ITB: Percepat hilirisasi gas-minerba Indonesia

Pelaksanaan Diskusi Kebangsaan dengan tema "Optimalisasi Nilai Tambah Industri Berbasis SDA Ekstraktif berupa Energi, Migas dan Mineral Batubara sebagai Lokomotif Ekonomi Bangsa dalam Mencapai Indonesia Emas 2045" dan Kongres Daerah VI IA ITB Jawa Timur di Surabaya, Sabtu (27/1/2024). ANTARA/Indra Setiawan

Surabaya (ANTARA) -
Ikatan Alumni (IA) Institut Teknologi Bandung (ITB) Jawa Timur (Jatim) mendorong pemerintah melakukan percepatan hilirisasi gas dan mineral dan batubara (minerba) dalam negeri karena diyakini menjadi solusi yang tepat menekan subsidi energi.

Direktur Utama PT Petrogas Jatim Utama Cendana, Hadi Ismoyo saat dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu mengatakan besaran subsidi energi hingga saat ini memang masih cukup tinggi.

Berdasarkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan realisasi subsidi energi nasional pada tahun 2023 mencapai Rp159,6 triliun atau lebih tinggi dari target yang telah ditetapkan sebesar Rp145,3 triliun.

Realisasi subsidi yang terbesar masih pada sektor BBM dan LPG, yang mencapai Rp95,6 triliun, diikuti dengan subsidi untuk sektor listrik sebesar Rp64 triliun.

"Salah satu cara untuk menurunkan subsidi adalah mengganti penggunaan LPG dengan gas alam sesuai dengan kearifan lokal kita, bahwa kita punya potensi gas yang besar, sedangkan LPG tidak banyak," kata Hadi Ismoyo saat menjadi pembicara dalam kegiatan Diskusi Kebangsaan dengan tema "Optimalisasi Nilai Tambah Industri Berbasis SDA Ekstraktif berupa Energi, Migas dan Mineral Batubara sebagai Lokomotif Ekonomi Bangsa dalam Mencapai Indonesia Emas 2045" dan Kongres Daerah VI IA ITB Jawa Timur di Surabaya.

Ia mengatakan, hilirisasi menjadi sebuah keniscayaan untuk mengurangi besarnya nilai subsidi yang harus ditanggung pemerintah. Salah satu caranya adalah dengan melakukan percepatan hilirisasi gas alam. Konversi gas LPG ke gas alam harus segera dilakukan.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ikatan Alumni ITB Jatim dorong percepatan hilirisasi gas dan minerba
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024