Airlangga: Data bansos Januari-Februari 2024 tak berubah

id Airlangga Hartarto,Menko perekonomian,Kementerian sosial,Bantuan sosial

Airlangga: Data bansos Januari-Februari 2024 tak berubah

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) saat ditemui di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Makassar, Kamis (1/2/2024). ANTARA/Farhan Arda Nugraha

Jakarta (ANTARA) -
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tidak ada perubahan data penerima bantuan sosial (bansos) untuk Januari hingga Februari 2024.
 
Menurut dia, pembagian bansos tetap menggunakan data dari Kementerian Sosial (Kemensos).
 
"Tidak ada perubahan, karena semua anggarannya, anggaran di Kemensos, menggunakan anggaran Kemensos," kata Airlangga saat ditemui di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Makassar, Kamis.
 
Airlangga menyampaikan hal tersebut untuk menepis isu yang beredar bahwa pemerintah tidak menggunakan data dari Kemensos dalam pembagian bansos pada periode Januari-Februari 2024.
 
Airlangga menjelaskan, data pembagian bansos itu merujuk kepada Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang dipadupadankan dengan data Kemensos.
 
"Kita sudah ada data SUSENAS dan data DTKS dari TNP2K di Kemenko PMK (Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan). Jadi datanya sudah dipadupadan dan dikonsolidasikan," kata Airlangga.
 
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan Kemensos sudah memiliki data penerima yang berhak mendapatkan bansos yang diusulkan oleh masing-masing daerah.

"Sudah teliti betul, yang lolos mendapatkan bansos. Kami punya data sampai keadaan gambar rumahnya," kata Risma di Jakarta, Senin (4/12/2023).
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Airlangga tegaskan tak ada perubahan data bansos Januari-Februari
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024