61 persen jamaah calon haji telah periksa kesehatan

id menag,menteri agama,yaqut cholil qoumas,haji,ibadah haji,haji 2024,JCH,Jamaah Calon Haji,Haji,Menag,Kemenang,Tanah Suci

61 persen jamaah calon haji telah periksa kesehatan

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. ANTARA/HO-Kemenag.

Semarang (ANTARA) - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebutkan saat ini sudah 61 persen jamaah calon haji yang telah melakukan pemeriksaan kesehatan untuk memenuhi syarat "istitha'ah" sebelum berangkat ke Tanah Suci.

"Ini sudah mulai pemeriksaan jamaah calon haji untuk 'istitha'ah'. Hari ini sudah terpenuhi jamaah calon haji yang periksa kesehatan 61 persen kurang lebih," katanya di Semarang, Sabtu malam.

Hal tersebut disampaikan sosok yang akrab disapa Gus Men itu saat ditanya kesiapan pemberangkatan haji 2024, usai penutupan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-23 tahun 2024.

"Jadi, tinggal sedikit -yang belum periksa- ya. Dan, saya yakin nanti setelah penutupan akhir Februari, pelunasan haji kami tutup, kuota jamaah haji kita bisa dipenuhi," katanya.

Istitha’ah (standar kemampuan) merupakan syarat wajib haji yang meliputi beberapa aspek, yakni kemampuan ekonomi, keamanan, dan kesehatan jasmani maupun rohani.

Indonesia mendapat kuota untuk memberangkatkan 241 ribu orang ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji pada tahun 2024.

Pemberangkatan jamaah Indonesia ke Arab Saudi akan dilaksanakan dalam dua gelombang.

Pada gelombang pertama, jamaah akan diberangkatkan dari Tanah Air menuju ke Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) di Kota Madinah dari 12 sampai 23 Mei 2024.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menag: Sudah 61 persen jamaah calon haji periksa kesehatan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024