Peningkatan akses pendidikan tujuan utama KIP Kuliah

id KIP Kuliah,Akses pendidikan,Pendidikan tinggi,Kemendikbudristek

Peningkatan akses pendidikan tujuan utama KIP Kuliah

Ilustrasi: Salah satu mahasiswa penerima bantuan KIP Kuliah memperlihatkan butu tabungan Bank Mandiri. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Rahmawati menyatakan peningkatan akses pendidikan tinggi adalah tujuan utama dari Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

“Bagi adik-adik yang memiliki tekad untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tetaplah semangat dan berupaya,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Pendaftaran KIP Kuliah untuk tahun ini sudah dibuka sejak 12 Februari 2024 sampai 31 Oktober 2024 dengan kuota mencapai 985.577 mahasiswa yang 200.000 diantaranya merupakan penerima baru.

KIP Kuliah memprioritaskan calon penerima yang berasal dari keluarga tidak mampu, namun harus memenuhi beberapa syarat ekonomi seperti pemegang atau pemilik Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pendidikan Menengah.



Selain itu calon penerima juga harus berasal dari keluarga miskin atau rentan yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial yang ditetapkan oleh kementerian yang menangani urusan bidang sosial.

Bantuan pemerintah yang dimaksud seperti mahasiswa dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dan mahasiswa dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Syarat lain adalah calon penerima berasal dari keluarga kelompok masyarakat miskin/rentan miskin, maksimal pada desil tiga dalam Data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE) yang ditetapkan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

“Atau mahasiswa (calon penerima KIP Kuliah) dari panti sosial/panti asuhan,” ujar Penanggung Jawab Program KIP Kuliah Kemendikbudristek Muni Ika.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Lewat KIP Kuliah, pemerintah ingin tingkatkan akses pendidikan tinggi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024