Guru Penggerak agen perubahan dalam transformasi pendidikan Indonesia

id Guru Penggerak,Pendidikan Guru Penggerak,Nadiem Makarim

Guru Penggerak agen perubahan dalam transformasi pendidikan Indonesia

Tangkapan layar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim dalam Rapat Kerja (Raker) bersama DPR RI di Jakarta, Rabu (6/3/2024). (ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim menyatakan Guru Penggerak merupakan agen perubahan di lapangan dalam membantu pemerintah mentransformasi pendidikan melalui Kurikulum Merdeka.

“Mereka adalah agen perubahan di lapangan yang akan membantu sekolah-sekolah dalam bertransisi ke Kurikulum Merdeka dan mengubah paradigma ke Merdeka Belajar,” katanya dalam Rapat Kerja (Raker) bersama DPR RI di Jakarta, Rabu.  

Guru penggerak sendiri adalah seorang guru yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Mereka merupakan guru yang tidak hanya mengajar tetapi juga berperan sebagai motivator, penggerak, serta fasilitator dalam menumbuhkan semangat belajar siswa.  

Untuk menjadi Guru Penggerak, para guru harus memiliki kriteria tertentu dan mengikuti pendidikan Guru Penggerak yakni program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran.  

Program tersebut meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama enam bulan bagi calon Guru Penggerak dengan tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.  

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Nadiem: Guru Penggerak agen perubahan dalam transformasi pendidikan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024