Menparekraf: Strategi pengembangan IKN lewat pendekatan pentahelix

id Sandiaga, pariwisata IKN

Menparekraf: Strategi pengembangan IKN lewat pendekatan pentahelix

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Kamis (14/3/2024). ANTARA/Sinta Ambar

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, pihaknya menyiapkan strategi pengembangan parekraf di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) lewat pendekatan multipihak atau pentahelix.
 
“Strategi penguatan pengembangan parekraf (di IKN) ke depan adalah pariwisata yang berkelanjutan jadi pendekatannya pentahelix, mulai dari akademisi, media, pemerintah pusat, pemerintah daerah, bisnis dan komunitas,” ujar Sandiaga dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.
 
Penguatan komunitas, lanjut dia, juga akan dilakukan, bahkan dalam waktu dekat akan menggelar program "Nemuin Komunitas" atau Netas untuk mengajak para komunitas parekraf berpartisipasi dalam pengembangan IKN.
 
Pihaknya juga bakal mengembangkan pariwisata di IKN yang berbasis desa wisata dan desa kreatif menuju sektor parekraf yang berkelanjutan serta pariwisata yang mengedepankan kesadaran lingkungan atau ekowisata (ecotourism).
 
Diakuinya, wisata di IKN memang dirancang berbeda dengan kawasan wisata lainnya. Hal ini sejalan dengan konsep IKN yang merupakan kota hutan atau forest city yang mengedepankan wisata yang berkualitas dan berkelanjutan.
  
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sandiaga siapkan strategi pengembangan IKN lewat pendekatan pentahelix
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024