Terjamin baik, kebutuhan pangan pengungsi banjir Semarang

id banjir,banjir semarang,banjir jateng,banjir pantura,bnpb,badan nasional penanggulangan bencana,wali kota semarang,waliko

Terjamin baik, kebutuhan pangan pengungsi banjir Semarang

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Suharyanto, didampingi Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, saat meninjau lokasi banjir di Semarang, Minggu (17/3/2024). (ANTARA/HO-Pemkot Semarang)

Semarang (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan bahwa kebutuhan dasar para pengungsi dampak banjir di Semarang telah terjamin dengan baik melalui ketersediaan dapur umum.

"Saya barusan meninjau daerah Semarang yang masih banjir, di Kelurahan Trimulyo tinggal satu titik lagi," kata Kepala BNPB Letjen Suharyanto, di sela tinjauan banjir, di Semarang, Minggu.

Menurut dia, penanganan dampak banjir di Semarang telah berjalan dengan baik, khususnya terkait pengungsi dengan ketercukupan kebutuhan dasar, seperti makan, minum, dan air bersih.

"Ada beberapa pengungsi tadi masih bertahan di rumah masing-masing dan sebagian di masjid. Kami sudah cek. Alhamdulillah kebutuhan dasar mereka terpenuhi karena pemkot aktif menggelar beberapa titik dapur umum," katanya.

Karena itu, kata dia, pelaksanaan tanggap darurat bencana di Kota Semarang telah berlangsung dan terkendali dengan baik, mengingat jumlah pengungsi juga tidak terlalu banyak.



"Karena pengungsi tidak banyak dan rata-rata bertahan di rumah. Kami juga bawa bantuan, seperti sembako, makanan siap saji, kebutuhan pengungsian, seperti tenda, matras, selimut, pakaian, alat kebersihan, macam-macam," katanya.

Diakuinya, wilayah Trimulyo memang letaknya lebih rendah dari permukaan Sungai Babon sehingga membutuhkan bantuan pompa tambahan untuk menyedot air dari permukiman ke sungai.

"Tentu kalau dibiarkan tidak mungkin airnya keluar sendiri. Ini digelar pompa, dipompa airnya, dari PUPR juga mengeluarkan beberapa pompa untuk memompa air dari perumahan ke sungai," pungkas Suharyanto.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu memastikan bahwa penanganan banjir akan dilakukan secara intens, khususnya di wilayah Trimulyo yang masih tergenang.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB: Kebutuhan dasar pengungsi banjir Semarang terjamin baik
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024