Sayur-buah segar dikirim untuk warga korban erupsi Gunung Ruang, Sulut

id Gunung Ruang,Sitaro,BNPB,Teropong bencana,Tagulandang,Pengungsi erupsi gunung ruang

Sayur-buah segar dikirim untuk warga korban erupsi Gunung Ruang, Sulut

Tangkapan layar - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey (kanan) memimpin Rapat Koordinasi Penanganan Bencana Erupsi Gunung Ruang bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suuharyanto di Manado, Sulawesi Utara, Kamis (2/5/2025) (ANTARA/M Riezko Bima Elko Prasetyo)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto memastikan lembaganya siap memasok sayur dan buah-buahan segar untuk para korban erupsi Gunung Ruang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

“Saya minta ditindaklanjuti karena sayur dan buah-buahan menjadi keharusan,” kata dia dalam siaran daring Rapat Koordinasi Penanganan Bencana Erupsi Gunung Ruang bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Menurutnya, sayur dan buah-buahan segar saat ini menjadi bahan makanan yang sangat dibutuhkan bagi para korban di setiap tempat pengungsian.

Dalam rapat koordinasi itu terungkap bahwa kondisi para korban di tempat pengungsian mengkonsumsi nasi dengan lauk berupa mie instan dan telur ayam dan campuran lainnya tanpa ada sayur dan buah.
 

Atas kondisi demikian, pihaknya mengkhawatirkan metabolisme tubuh para korban yang juga ada balita dan lansia itu terganggu bila kekurangan asupan makanan berserat dari sayur dan buah.

“Carikan solusi barang yang tidak ada sehingga bisa segera dikirimkan,” kata dia.

Ia menyebutkan BNPB telah menyiapkan tim demi dapat memasok sayur dan buah karena berdasarkan laporan banyak distributor terdekat dari Pulau Sitaro tutup sehingga sulit mendapatkan bahan makanan itu.

BNPB juga telah menyiapkan armada kapal untuk mengangkut dan memastikan kesegaran bahan makanan tersebut hingga sampai ke setiap posko pengungsian selama pesawat udara masih belum bisa beroperasi.

“Yang jelas pemerintah menjamin semua kebutuhan korban akan tercukupi, sejauh ini sudah dua gelombang bantuan BNPB disalurkan,” ujarnya
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB siap pasok sayur dan buah segar untuk korban erupsi Gunung Ruang
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024