Insiden PDNS 2 jadi pelajaran Indonesia perkuat keamanan siber

id PDNS 2, transformasi digital, keamanan siber, Kementerian Kominfo

Insiden PDNS 2 jadi pelajaran Indonesia perkuat keamanan siber

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria. (ANTARA/HO-Kemenkominfo)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria menjadikan insiden gangguan serangan siber terhadap Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 sebagai pelajaran penting untuk memperkuat keamanan siber di Indonesia.

Pelajaran ini penting diambil untuk makin menguatkan laju transformasi digital nasional yang masih berjalan saat ini.

"Kita jangan kalah atau pun kita jangan mundur hanya gara-gara insiden ini. Tentu saja kita harus belajar banyak, kita harus membuat satu sistem yang menutup semua kemungkinan kejadian-kejadian yang sama terulang lagi," kata Nezar dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Ke depannya, Nezar menyebutkan bahwa Kementerian Kominfo bakal meningkatkan langkah-langkah mitigasi untuk menghadapi berbagai kemungkinan buruk yang akan terjadi di dunia siber di masa yang akan datang.

Terkait dengan penanganan insiden PDNS 2, Nezar dengan tegas menyatakan proses penyelidikan masih terus berlanjut sembari langkah-langkah pemulihan untuk layanan publik terus dioptimalkan.

“Kita coba melakukan mitigasi dan kita juga coba melakukan penyelidikan dan tentu saja tindakan-tindakan akan diambil," tegasnya.

Lebih lanjut Nezar mengatakan bahwa serangan siber merupakan hal yang sudah tak bisa dihindari di era transformasi digital dan hal ini bahkan sudah menjadi risiko di tingkat global.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah jadikan insiden PDNS 2 pelajaran perkuat keamanan siber
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024